Kacang komak alternatif obat diabetes

0
337
ustadz riza muhammad,obat kuat herbal,obat kuat selebritis,kuat herbal,jamu kuat,obat kuat bpom
Obat Kuat Herbal Pilihan Ustadz Selebritis yaitu Ustadz Riza Muhammad
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kacang komak bisa jadi alternatif obat diabetes. Hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr Arif Hartoyo dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Kacang komak yang nama latinnya adalah Lablab purpureus (L.) Sweet ternyata diketahui memiliki senyawa zat anti diabetic. Selain punya senyawa anti diabetes, kacang yang bentuknya pipih ini juga memiliki senyawa antikolestrol dan antioksidan cukup tinggi.

Saat penelitian berlangsung, Dr. Arif bereksperimen dengan menambahkan isolat kacang komak ke jaringan yang terimbas diabetes dan kolestrol tinggi. Diketahui bahwa jaringan itu memiliki sel beta yang rendah, namun setelah dibubuhi isolat kacang komak, sel beta perlahan memiliki kondisi nyaris sama seperti kondisi normal sebelum terkena diabetes/kolestrol.

Kacang komak dipercaya bisa merangsang peningkatan jumlah sel beta pada pankreas sebagai mesin utama penghasil hormon insulin dan menghambat kerusakan lanjutan pada sel beta pankreas sehingga insulin yang diproduksi meningkat dan gula darah menjadi turun. Naiknya insulin juga menghambat terbentuknya VLDL (very low density lipoprotein) dan meningkatkan aktivitas reseptor LDL (low density lipoprotein) yang menyebabkan kolesterol turun (kabarpedia: kolestrol jahat dan kolestrol baik)

Kacang komak bisa diolah sebagai bahan dasar pembuatan tempe pengganti kacang kedelai atau dikonsumsi begitu saja juga tidak masalah.

Comments

comments