8 tips sehat saat berpuasa ramadhan

0
235
buka puasa,puasa,diet
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

buka puasa,puasa,diet

Puasa memang sejak lama dipercaya memiliki implikasi positif terhadap kesehatan manusia. Namun terkadang, perilaku berlebihan manusia yang menjalankannyalah yang bisa sedikit merusak proses penyehatan melalui puasa itu sendiri.

Contohnya adalah makan terlalu berlebihan saat berbuka, konsumsi goreng-gorengan, dan mengembungkan perut dengan air putih saat sahur. Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh lebih sehat lagi saat proses penyehatan tubuh melalui puasa juga tengah berlangsung?

1. Terapkan diet sehat dan membatasi asupan makanan yang merusak kesehatan. Misalnya konsumsilah 3 butir kurma sesuai sunnah rasulullah saat berbuka. Jangan cenderung terlalu banyak makan makanan manis dan berminyak.

2. Minumlah secukupnya. Tak dapat dipungkiri saat puasa terjadi proses dehidrasi, karena itu pertahankan asupan air ke tubuh anda secara tepat dan bertahap. Jangan pelit minum air, juga jangan terlalu minum banyak pada waktu berdekatan hingga membuat perut anda menjadi kembung.

3. Konsumsilah buah-buahan kaya akan air, serat, dan vitamin untuk tubuh saat sahur. serta usahakan makanlah sedekat mungkin dengan waktu imsak.

4. Tidur adalah ibadah, karenanya usahakan istirahatkan tubuh anda di siang hari jika memungkinkan dengan tidur siang sekitar 2-3 jam.

5. Saat berbuka jangan langsung makan besar. konsumsi dulu menu ta’jil atau kurma, solat magriblah terlebih dahulu setelah itu anda boleh makan besar dengan porsi kecil yang dilanjut makan besar dengan porsi sedang lagi setelah solat tarawih.

6. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka.

7. Pertahankan pola makan tiga kali sehari layaknya pola hidup biologis manusia. Anda bisa makan saat sahur, berbuka, dan sehabis tarawih.

8. Hindari bekerja dan beraktifitas terlalu berat ketika berpuasa, namun jangan sampai bermalas-malasan.

itulah 8 tips kesehatan saat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa kali ini bisa memberikan kesehatan maksimal bagi fisik maupun batin kita semua 🙂

Comments

comments