Tips berpuasa sehat bagi penderita diabetes

0
189
Minuman bersoda rahasia panjang umur nenek berusia 104 tahun
Rowley, nenek berusia 104 tahun yang mengklaim panjang umur karena minum soda (Foto: IB Times)
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Tak dapat dipungkiri lagi, berpuasa, selain merupakan ibadah, ternyata juga bermanfaat besar bagi kehidupan manusia dari berbagai aspek, seperti sosial, psikologi, spiritual, emosional, dan bahkan kesehatan.

Untuk yang terakhir, sudah banyak riset-riset dan studi-studi yang menjelaskan tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, contohnya manfaat puasa untuk hindari serangan jantung dan stroke yang pernah dibahas di kabarnesia.com. Namun patut juga diperhatikan, khusus bagi anda penderita penyakit tertentu, perlu berhati-hati dalam melaksanakan ibadah ini. Contohnya apabila anda adalah penderita diabetes. Anda perlu berhati-hati saat menunaikan ibadah ini agar keseimbangan gula darah anda tak terganggu.

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan tahun 2008, Clinical and Experimental Hypertension menyimpulkan kalau penderita diabetes yang mampu mengelola dengan baik gula darahnya dapat berpuasa dengan tanpa gangguan.

Berikut ini tips dan trik bagi penderita diabetes saat berpuasa agar ibadah tak mengganggu kesehatan:

  1. Minta nasihat dari dokter anda tentang rencana anda untuk puasa dan catat rekomendasi darinya, termasuk adakah perubahan obat dari dokter anda terkait dengan aktivitas puasa?
  2. Kendalikan diri dari nafsu untuk menyantap makanan manis secara berlebihan
  3. Tambahlah porsi makanan dari jenis yang lambat dicerna seperti contohnya buah-buahan, sayur mayur, dan biji-bijian sehingga tak sebabkan lonjakan gula darah sesaat setelah anda berbuka.
  4. Pantau terus kadar gula darah Anda secara seksama, misalnya 2-3 jam setelah berbuka atau sesaat sebelum makan sahur dan di waktu siang. Hal ini akan membuat anda bisa membaca bagaimana tubuh anda beradaptasi saat berpuasa.
  5. Agar gula darah anda bisa lebih terjaga selama masa berpuasa, maka Usahakan untuk makan sahur sedekat mungkin dengan waktu imsak/subuh.
  6. Kurangi konsumsi teh dan kopi sebab merangsang keluarnya air seni yang bisa memicu dehidrasi.
  7. Konsumsilah banyak air putih di waktu malam dan saat sahur.
  8. Saat anda alami gejala kadar gula rendah atau hipoglikemia yang membuat anda berkeringat, gelisah, gemetar, lemah, linglung atau bingung, sebaiknya jangan paksakan berpuasa seharian, segeralah berbuka dengan minum minuman sedikit manis dan konsumsi makanan kaya karbohidrat.
  9. Seusai ramadhan, maka kunjungilah kembali dokter anda agar kontrol dan pengobatan bisa kembali normal.

Itulah 9 tips yang membantu penderita diabetes/diabetesi agar bisa menjalankan puasa dengan lebih sehat, semoga bermanfaat 🙂

Comments

comments