Langsung Tidur setelah Makan Sahur bisa berakibat fatal dan berbahaya

1
312
tidur,wanita bobo,bobo,sleep
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

tidur,wanita bobo,bobo,sleep

Tidur sesaat habis makan sahur memang sangat nikmat, perut kenyang ditambah rasa kantuk yang belum tuntas menambah nikmatnya aktifitas yang satu ini.

Namun tahukah anda jika Langsung Tidur setelah Makan Sahur bisa berakibat fatal dan berbahaya bagi tubuh dan juga pencernaan anda?

Dilansir dari tribunnews, seorang ahli ilmu gizi dan kesehatan dari RSUD Ulin Banjarmasin, Pramono, mengatakan kalau Dari sisi ilmu gizi dan kesehatan, tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dilarang karena dampak buruknya sangat banyak. Apa saja dampak buruk tidur sehabis sahur? berikut penjabarannya:

  • Menurut pramono, risiko berbahaya tidur setelah sahur adalah risiko terjadinya refuks yaitu proses terjadinya makanan yang belum sempurna dicerna namun kembali berbalik dari lambung ke kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung akan naik ke kerongkongan dan melukainya. Karena mengalami luka yang disebabkan asam lambung tadi, maka kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.
  • Tidur sehabis sahur juga akan menyebabkan perut menjadi buncit, karena saat tidur tubuh masuk kedalam mode hemat energy dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di lipatan perut kita.
  • Tidur sehabis makan sahur juga bisa sebabkan gangguan pencernaan seperti diare, atau sembelit karena terlambatnya proses pengosongan lambung. Normalnya isi lambung akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi terbaring (tidur), maka proses yang terjadi di lambung akan terhambat atau terlambat ke tahap finalisasi.
  • Dalam jangka panjang, menurut penelitian, tidur sehabis sahur juga bisa sebabkan meningkatnya risiko terkena stroke.

“Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur, sebaiknya diatur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur,” begitu saran Pramono untuk mewujudkan sahur sehat dan berkualitas.

Apabila ditinjau dari ilmu agama islampun tidur sehabis sahur itu dilarang, ini sesuai dengan hadis nabi yang berbunyi: “Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.” (HR Abu Nu’aim dari Aisyah r.a.).

Comments

comments

Comments are closed.