Misteri lagu Gloomy Sunday sang Lagu penjemput kematian

0
417
gloomy sunday

gloomy sunday

Apakah anda Pernah mendengar mengenai lagu yang bisa membuat seseorang yang mendengarnya ingin bunuh diri? Atau lagu itu menjadi peneman bagi mereka yang ingin memaksakan ajal segera menjemput mereka.

Adalah Gloomy Sunday, sebuah lagu melankolis romantis yang liriknya ditulis oleh seorang penyair Hungaria bernamaLászló Jávoryang terkenal banyak memakan korban bunuh diri dengan ditemani lagu misterius ini.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Mitos legenda perkotaan (urban legend) mengatakan setelah mendengar lagu ini maka si pendengar akan mendapat intuisi untuk bunuh diri apalagi jika kondisi kejiwaan mereka sedang labil dan depressi, Bahkan, menurut mitos itu, apabila lagu Gloomy Sunday ini dimainkan tanpa lirik dan hanya berupa alunan instrumental saja maka pendengarnya akan tertidur berat dan mengalami mimpi buruk yang kelihatan sangat nyata sekali.

Lagu gloomy Sunday sendiridiciptakan pada tahun 1933 oleh seorang pianis sekaligus komposer asal Hungaria yaitu Rezso Seress yang saat itu dia beri judul Szomorú Vasárnap yg berarti Gloomy Sunday. Lagu tersebut ditulis berdasarkan lirik pada puisi yang di tulis oleh László Jávor. Gloomy sunday menceritakan kisah seorang penyanyi yang depresi akibat kematian kekasihnya dan ingin mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Ajaibnya, sesaat berselang lagu itu dirilis, László Jávor sang penulis lirik puisi pun ditemukan bunuh diri. Banyak spekulasi yang beredar kalau ia hanya ingin “menaati” tema cerita dari lirik gloomy Sunday yang ia buat, yakni seorang penyanyi yang depresi akibat kematian kekasihnya dan ingin bunuh diri.

Berselang kematian bunuh diri sang pemilik lagu, tak lama kemudian, seorang pegawai negeri Hongaria bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri. Mayat pegawai negri itu ditemukan dalam posisi menelungkup di atas kopi lirik lagu Gloomy Sunday. Selanjutnya, seorang gadis berupaya bunuh diri dengan meracuni dirinya. Untungnya ia segera ketahuan dan saat kepergok hendak menenggak racun, lagu Gloomy Sunday masih mengalun di alat pemutar musik dalam ruangannya. Kasus pun berlanjut saat ada sebuah kisah mengerikan yang terjadi di restoran di Budapest. Seorang pemuda menembak dirinya sendiri ketika band musik yang baru saja tampil di restoran itu menyanyikan lagu Gloomy Sunday.

Ketika tahu lagu tersebut sudah memakan banyak korban, ditambah lagi situasi yang semakin tak terkendali, pemerintah Hongaria kemudian melarang pemutaran lagu itu di tempat umum. Selain itu, Sejak adanya perang NAZI yang dimotori Adolf hitler di sekitar tahun 1930, Gloomy Sunday sempat hilang dari peredaran dan menjadi terlupakan, ia dimusnahkan dan versi aslinya sudah tidak ada lagi.

Walaupun begitu, ketenaran lagu Gloomy Sunday ternyata sudah menyebar ke negara lain. Di Inggris sekitar tahun 1941, seorang musisi asal Inggris yang bernama Billie Holiday menyanyikan lagu itu dan kemudian menjadi hits setelah lagu itu makin sering di putar di radio-radio Inggris. Tetapi akibatnya banyak ratusan kasus bunuh diri yang terjadi setelah lagu itu diputar di radio-radio Inggris. Akhirnya gloomy sundaydilarang diputar di radio oleh BBC (British Broadcasting Channel) sebab di inggris terjadi serangan bunuh diri sejak lagu itu tenar di sana.

Beberapa tindakan bunuh diri juga dilaporkan terjadi di Amerika Serikat, namun otoritas setempat tidak melarang pemutaran lagu itu di negaranya, karena selain laporan bunuh diri tak begitu masif, juga saat itu amerika sedang menikmati masa masa kejayaan di mana lagu gloomy Sunday tidak banyak mempengaruhi psikologi pendengarnya. berbeda dengan Hungaria dan negara eropa lain yang saat itu mengalami masa sulit, mereka menghadapi krisis ekonomi dan kejamnya perang dunia ll sekaligus invasi dari Hitller yang terus menerus terjadi di seluruh wilayah eropa. oleh karena itu banyak masyarakat sana yang memang menghadapi depresi luar biasa dan Gloomy Sunday dianggap memberi dorongan inisiatif untuk bunuh diri.

Kalau dihitung, secara keseluruhan terjadi 200 upaya bunuh diri di seluruh dunia yang berkaitan dengan Gloomy Sunday. Di tahun 1968, kutukan gloomy sunday ternyata belum berakhir, sebab musisi yang menggubah puisi Gloomy Sunday menjadi lagu, Rezsoe Seres, malah melompat bunuh diri dari lantai delapan di sebuah bangunan. sungguh gubahan lagu yang mengerikan.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments