Apa Salahnya Menghirup Asap Rokok?

0
239
foto: (google)
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kebiasaan merokok sudah terang berdampak negatif bagi jantung. Setiap tahun, WHO mengajak kita untuk memperingati Hari Bebas Tembakau Sedunia (World No-Tobacco Day) pada 31 Mei. Ajakan WHO sejak 1983 ini mencerminkan keprihatinan mendalam terhadap dampak buruk kebiasaan merokok bagi kesehatan umat manusia.

Dari sebuah buku yang berjudul “Menaklukkan Pembunuh No.1” karya Dr. A. Fauzi yahya, Sp.J.P.(K), FIHA, jumlah perokok di Indonesia menduduki peringkat ke-3 dunia, bahkan nomor satu di Asia Tenggara. Jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai 60 juta dan rokok adalah penyebab 57 ribu kematian.

Rokok mengandung nikotin, zat yang membuat kecanduan. Perokok yang mulai merokok pada usia muda berpeluang lebih besar untuk menjadi pecandu berat nikotin. Nikotin terserap oleh darah ketika perokok hisap asap rokok. Nikotin juga dihisap oleh lapisan kulit di dalam hidung dan mulut.

levidio,youtuber,youtube,powerpoint

Pecandu rokok akan terus merokok sepanjang hari, kendati mengetahui hal itu berbahaya bagi kesehatan. Mereka akan berusaha mencari pembenaran dan dalih seperti:

  1. Rokok dapat menjadi obat stress.
  2. Rokok dapat mengontrol berat badan.
  3. Rokok dapat meredam amarah.
  4. Saya sudah mencoba berhenti, tapi tetap tidak bisa.
  5. Semua teman saya merokok, jadi saya sulit berhenti.
  6. Kakek saya perokok dan umurnya sampai 90 tahun.
  7. Nanti saya pasti akan berhenti merokok.

Asap rokok juga terbukti menurunkan kadar antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menetralkan racun “radikal bebas”. Radikal bebas adalah atom atau molekul (kumpulan atom) yang memiliki elektron tak berpasangan (unpaired electron). Sifat radikal bebas ini cenderung menarik elektron lain untuk menjadi pasangannya. Apabila radikal-radikal bebas itu berkombinasi dengan kolesterol, maka terbentuklah oksidasi kolesterol yang akan merusak pembuluh darah.

Berbagai data memperlihatkan bahwa mereka yang terpapar asap rokok mengalami penurunan kadar TRAP (total peroxyl radical-trappin potential) dalam darah sampai 31% dalam waktu 30 menit saja. Padahal, TRAP adalah kapasitas gabungan semua antioksidan untuk menetralkan radikal bebas dan serum darah. Kebiasaan merokok meningkatkan potensi efek negatif dari faktor resiko PJK, seperti tekanan darah tinggi dan hiperkolesterol, bagi jantung.

Perokok aktif vs Perokok pasif

Racun rokok tidak hanya merusak jantung si perokok sendiri, tetapi juga orang-orang di sekeliling yang ikut menghisap. Ini berarti ayah, ibu, istri, anak, saudara, dan sahabat perokok pun berada dalam posisi yang merugi. Kira-kira 35 ribu kematian akibat penyakit jantung di Amerika Serikat sangat dipicu oleh efek samping asap rokok yang terhirup oleh perokok pasif.

Sebuah penelitian besar tentang hbungan efek samping asap rokok dengan kasus serangan jantung pernah dilakukan oleh Ichiro Kawachi dan koleganya dari Fakultas Kedokteran Harvard University (Circulation, Mei 1997). Penelitian Kawachi tersebut melibatkan 32 ribu responden dan dilakukan selama 10 tahun. Seluruh responden adalah perawat yang tidak merokok.

Mereka mengisi kuisioner untuk menjawab sejumlah pertanyaan mengenai paparan asap tembakau saat berada di rumah dan di tempat kerja. Hasil penelitian tersebut menunjukkan resiko serangan jantung pada responden yang terpapar asap rokok secara terus-menerus–baik di temat kerja maupun di rumah–meningkat hampir 2 kali lipat, sedangkan resiko responden yang sesekali terpapar asap rokok meningkat 1,5 kali lipat.

British Medical Journal pernah membuat studi tentang efek samping rokok dan penyakit jantung koroner pada Juni 2004. Studi ini melibatkan 4.700 laki-laki di Inggris yang terpapar asap rokok. Tingkat paparan asap rokok tersebut diperiksa melalui kadar kotinin sebagai hasil metabolisme nikotin di dalam darah. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa responden dengan kadar kotinin yang lebih banyak ternyata beresiko 50-60% lebih tinggi terkena penyakit jantung. Cukup sudah korban serangan jantung akibat asap tembakau. Enough is enough.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments