Payah Jantung, Komplikasi Tersering yang mungkin terjadi

0
236
foto: (google)
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Menurut Dr. A. Fauzi yahya, Sp.J.P.(K), FIHA dalam sebuah buku yang berjudul “Menaklukkan Pembunuh No.1” , payah jantung membuat darah tidak dapat didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh. Banyak darah tertimbun di ruang-ruang jantung karena organ ini gagal di pembuluh darah yang menuju jantung termasuk pembuluh darah paru. Cairan darah yang tertimbun di dalam pembuluh darah paru dapat merembes ke sela-sela organ paru sehingga napas pun jadi sesak karena terjadi genangan cairan yang mengganggu pertukaran udara. Apabila payah jantung telah berlangsung lama, maka cairan bisa tertimbun di tungkai, liver, hingga di perut.

Kira-kira, Apa Ya Penyebabnya?

Payah jantung sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Payah jantung merubakan abnormalitas faal tubuh yang disebabkan beragam penyakit. Di antaranya, disebabkan oleh penyakit jantung koroner, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, gangguan irama jantung, kencing manis, dan paparan zat-zat toksin.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Dari berbagai jenis penyakit tersebut, penyumbang tunggal terbesar kegagalan fungsi jantung adalah penyakit jantung koroner. Nah kan, penyakit jantung koroner lagi. Lebih dari separuh payah jantung disebabkan karena gangguan pembuluh darah ini.

Sel-sel yang tertidur

Pembuluh koroner yang normal dibutuhkan oleh sel-sel jantung sebagai jalur transportasi bahan-bahan energy, yaitu oksigen dan nutrisi. Jika ada penyempitan pembuluh koroner, terutama yang melibatkan pembuluh koroner, akan mengganggu suplai oksigen dan nutrisi bagi sel-sel jantung.

Sebut saja Pak Anton, telah bolak-balik dirawat di rumah sakit karena sesak napas. Pasien ini awalnya diduga menderita penyakit paru-paru. Namun, setelah dilakukannya pemeriksaan pencitraan jantung (ekokardiografi) terkuak bahwa otot-otot jantung Pak Anton enggan bergerak sehingga kekuatan memompa hanya sepertiga dari kemampuan semestinya. Alhasil, suplai oksigen menurun.

Yang menggembirakan adalah walaupun kekurangan pasukan oksigen, sel-sel itu berhasil menyelamatkan diri ala beruang kutub dengan cara “tidur” agar kebutuhan energy berkurang. Terminology medis menyebutnya “hibernating heart”.

Jangan Terlambat

Sayangnya, tidak semua penderita payah jantung memiliki cerita yang menggembirakan seperti Pak Anton. Keterlambatan penanganan serangan jantung dapat meluluhkan banyak sel jantung. Kematian sel-sel itu, tentu saja akan menumpulkan kerja bilik kiri yang merupakan pemompa utama jantung.

Obat-obatan

Penelitian terbaru memberikan secercah harapan bagi penderita payah jantung. Obat-obatan yang dimaksud adalah obat jenis penyekat beta (bisoprolol, carvedilol, metoprolol) dan obat penghambat enzim konversi angiotensin (captopril, ramipril). Selain itu, juga bisa menggunakan obat golongan diuretik. Obat pemicu air seni ini dimaksudkan untuk mengurangi beban jantung sehingga keluhan sesak akan berkurang.

Penanaman Sel Punca

Perkembangan terbaru terapi payah jantung, walaupun masih dalam penelitian, adalah penanaman sel punca. Sel punca adalah sel yang bisa beraplikasi sendiri menjadi sel sejenis atau malah berdiferensiasi menjadi sel yang berbeda.

Obat-obatan dan teknologi mutakhir memang dapat memberikan secercah harapan hidup bagi penderita payah jantung. Namun, tetap saja lebih baik melakukan pencegahan. Kontrol selalu resiko kardiovaskuler, seperti darah tinggi, kencing manis, dan hiperkolesterol. Berhenti merokok, sering berolahraga. Last but not least, jika mengalami sakit dada dan diduga serangan jantung, segera minta bantuan dokter.

zeepro,propolis

Comments

comments