Sail Tomini Gebrakan Baru untuk Pengembangan Wisata

0
232
Sail Tomini
Keindahan panorama Teluk Tomini dilihat dari Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Gambar :Kompas)
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Tidak dapat dipungkiri bahwa sektor wisata adalah salah satu penunjang pemasukan anggaran daerah yang cukup besar. Banyak daerah-daerah di Indonesia yang maju karena wisatanya juga sangat maju karena dengan wisata maju maka perputaran uang didaerah tersebut akan lebih cepat, seperti daerah Bali dan Yogyakarta. Kedua tempat tersebut terkenal dengan pariwisatanya yang maju.

Di Kabupaten Parigi Moutung sendiri memang diakui dalam pengembangan wisatanya masih belum maksimal. Kendala utamanya adalah soal minimnya dana yang ada, karena itulah pembangunan fasilitas penunjang wisata ataupun promosi masih tersendad. Menanggapi hal ini maka pada tanggal 19 september akan diadakan Sail Tomini yang diharapkan mamu menggebrak dan menjadi pintu masuk pengembangan wisata di Kabupaten Parigi Moutung.

“Kami andalkan Sail Tomini untuk memperkenalkan potensi dan obyek wisata. Harapannya setelah kegiatan itu digelar, pemerintah pusat dan masyarakat luas mendukung sektor wisata,” ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Parigi Moutong Hasani di Parigi, Selasa (7/4/2015).

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Di Kabupaten Pairigi Moutung sendiri ada banya wisata alamnya seperti Patnai Tumpapa denan pasir putihnya, Situs pelestarian burung Maleo, Air Terjun Lingguvali lengkap dengan tebing alaminya serta air panas di Sinio. Tentunya tidak hanya itu saja masih banyak lagi wisata-wisata alam dengan potensi wisata yang luar biasa.

Tetapi karena keterbatasan dana hanya beberapa lokasi saja yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti penginapan ataupun gazebo seperti di Pantai Kucing. Karena inilah jumlah wisatawan lokal yang datang tidak terlalu banyak serta wisatawan luar negeri bisa dihitung dengan jari.

Seperti dikutip dari Kompas Travel, hal ini disebabkan karena kurangnya dana untuk pengembangan. Kendala ini membuat lokasi-lokasi wisata seperti berjalan sendiri. Promosi yang dilakukan dinas pariwisatapun belum cukup efektif untuk menyedot wisatawan.

Terkait dengan akan diadakannya Sail Tomini, Ketua DPRD Parigi Moutun menyampaikan bahwa secara keseluruhan persiapan sudah berjalan dengan baik, misalnya persiapan lahar seluas 21 hektar pemerintah sudah membayar ganti rugi kepada pemilik lahan. Renacananya Arena Sail Tomini akan diadakan di Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara, sekitar 15 km dari Parigi atau jika dari Palu sekitar 65 km.

zeepro,propolis

Comments

comments