Harga Pangan Melonjak Tinggi Jelang Ramadhan

0
148
Harga Pangan Melonjak Tinggi Jelang Ramadhan
Sembako ( Gmbar : Google )

Menjelang datangnya bulan ramadhan di tahun 2015 ini ternyata masih memiliki kebiasaan yang sama dengan tahun-tahun sebelumya. Kenaikan harga pangan dan kebutuhan pokok memang sudah menjadi hal yang lumrah ketika Ramadhan. Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional maupun pasar modern manapun kini sudah mulai meningkat diataranya seperti daging ayam, daging sapi, telur dan beberapa bahan pokok lainnya. Menurut perkiraan para pedagang di pasar tradisional bahwa harga akan terus naik sampai lebaran nanti.

Harga daging ayam yang biasanya hanya dijual sekitar Rp 27 ribu kini sudah mencapai angkan Rp 35 ribu tiap kilogramnya. Lebih parahnya kenaikan ini masih akan terus melonjak hingga angka Rp 37-40 ribu perkilonya.

“Sekarang Rp33 ribu harganya per kilo, naik cuma Rp6 ribu. Karena, biasanya memang sering naik harga daging ayam. Dekat bulan puasa naik, dekat Lebaran naik lagi. Pokoknya pada moment hari-hari besar keagamaan pasti naik harganya,” ujar pedagang daging ayam, Fatonah, hari Jumat 12 Juni 2015 lalu.

Begitu juga dengan harga lauk yang lain seperti telur yang sebelumnya Rp 38 ribu per trei kini naki sekitar Rp 6 ribu rupiah.

“Kalau satu trei itu kemarin-kemarin Rp38 ribu, sekarang Rp42 ribu. Tidak tahu besok dekat Lebaran pasti naik lagi, karena banyak dibeli untuk bikin kue Lebaran gitu,” tambahnya.

H-satu minggu sebelum ramadhan ini harga daging sapi masih stabil. Tetapi, dapat dipastikan juga bahwa harga daging sapi akan melonjak tinggi memasuki bulan puasa sampai lebaran nanti. Saat ini harga daging sapi masih dalam kisaran Rp 100 ribu per kilo dan akan naik pada kisaran harga Rp 110 ribu.

“Memang sekarang masih stabil, masuk bulan puasa besok naik Rp10 ribu. Kita dinaikkan harganya dari rumah potong juga. Karena pembibitan sapi yang sulit dekat bulan puasa ini,” kata pedagang daging sapi Hj Nurul.

“Sekarang harganya Rp100 ribu, tiga hari lagi bisa jadi Rp110 ribu. Jelang Lebaran pasti akan naik lagi harganya sampai Lebaran. Tapi, setelah itu, lewat Lebaran turun lagi, harganya stabil,” sambungnya lagi.

Berbeda dengan sejumlah harga komoditas sembako lainnya seperti beras, minyak goring, sayur, dan bumbu lain yang akan terus berubah-ubah

Berbeda halnya dengan harga sejumlah komoditas sembako lain seperti minyak goreng, beras, ikan, sayur dan bumbu lain yang saat ini terus berubah. Namun, pedagang memastikan menjelang Idul Fitri harga sejumlah komoditas akan naik, seiring dengan jumlah permintaan masyarakat menjelang lebaran yang terus meningkat.

Comments

comments