Desain Arsitektur Islami, Bisnis Desain Yang Mulai Banyak Dilirik

0
296
Desain Arsitektur Islami, Bisnis Desain Yang Mulai Banyak Dilirik
Arsitektur Islam ( Gambar : Google )

Setelah semakin nge-trend nya gaya hidup dan pakaian yang bernuansa islam dan halal. Kini dunia desain arsitektur juga tidak kalah ketinggalan, desain arsitektur islami pun mulai banyak digandrungi oleh masyarakat kebanyakan terutama bagi para pecinta desain arsitektur. Desain islami kabarnya tidak hanya diminati oleh Negara muslim saja melainkan Negara-negara non muslim juga.

Nilai sektor makanan yang halal mencapai US$ 700 miliar per tahun dan Pasar halal global juga diperkirakan bernilai lebih dari US$ 2.300 miliar. Selain dua sector diatas sector non- makanan seperti kesehatan, kosmetik, fashion, dan desain memiliki nilai yang lebih besar.

Bisnis syari’ah kini juga mulai merambat masuk ke bisnis desain dan arsitektur. Menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan islam juga menjadikan identitas keislaman seorang muslim untuk mengekspresikan nilai dan makna yang mengandung ajaran islam didalamnya. Menampilkan, mengenakan, dan membawakan sesuatu yang bernuansa islami juga bisa menjadi sarana dakwah dan menyampaikan pelajaran keislaman.

Salah-satunya adalah dalam hal desain yang fundamental dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Keputusan dalam desain dan arsitektur memiliki dampak yang penting dalam kehidupan.

Banyaknya pilihan dan terobosan baru mengenai desain arsitektur islam akan membuat dunia keislaman kita semakin hidup. Contohnya desain dalam membangun rumah atau masjid yang juga dapat meningkatkan keimanan kita.

Desain Halal

Desain yang halal adalah desain mengikut nilai-nilai Islam ketika mendesain dan memproduksi sebuah objek. Contohnya, penggunaan material yang halal dan selalu menjaga agar proses produksi dilakukan sesuai dengan standar yang halal pula. Menggunakan material yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan kerugian bagi orang lain juga merupakan cara terbaik agar desain yang halal bisa diciptakan.

Industri pariwisata, pendidikan, dan beberapa bangunan ikonik juga mulai melirik tren desain halal. Hotel atau tempat halal yang halal kini mampu menyediakan fasilitas-fasilitas islami yang mampu meningkatkan intensitas ibadah umat muslim. Berikut merupakan beberapa desain hotel halal yang sejalan dengan keyakinan dan nilai-nilai Islam :

– fasilitas ibadah yang menghadap kiblat
– kamar tidur dirancang seperti ketika tidur tubuh bisa menghadap arah kiblat
– toilet dan kamar mandi yang didesain tidak mengarah ke kiblat
– air kran diposisikan agar yang akan wudhu bisa langsung menghadapi arah kiblat

Desain Islami

Desain Islami seperti artefak, bentuk, symbol dan warna yang menggambarkan hubungan baik antara Muslim dengan keyakinan dan aturan dalam masyarakat.

Seni dalam menulis Arab atau kaligrafi juga menjadi seni yang sangat diminati dalam bisnis desain. Menulis indah ayat-ayat Al-Qur’an dianggap sebagai seni yang paling mulia oleh umat islam. Kalihrafi juga memiliki khas dan keunikan daalam menulis indah yaitu dengan menggabungkan disiplin geometris, kreatifitas, makna yang mendalam, serta keindahan irama yang dinamis dan luwes.

Menampilkan gambar atau patung makhluk yang memiliki jiwa banyak diperdebatkan oleh umat Islam sepanjang sejarah dan dilarang keras di banyak masyarakat Muslim di masa lalu. Maka dari itu, para seniman islam menciptakan pola geometris, matematika Islam, menjadi bentuk seni akibat dari larangan Islam yang tidak memperbolehkan menggambarkan bentuk manusia. Sehingga para seniman kini menggunakan pola geometris yang lebih menyeluruh dalam menghias bangunan, selain itu warna hijau sering kali menjadi ikon warna tradisional dalam islam karena kata ‘kehijauan’ disebutkan beberapa kali dalam Al-qur’an untuk menjelaskan dan menggambarkan penduduk surga.

Comments

comments