Tahukah Anda ? Bayi yang Dekat Dengan Ayahnya Memiliki Kecerdasan Lebih Tinggi

0
97
Tahukah Anda ? Bayi yang Dekat Dengan Ayahnya Memiliki Kecerdasan Lebih Tinggi
Ayah dan Anak ( Gambar : Google )

Peran aktif seorang ayah dalam merawat si kecil biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan ibu, karena si kecil biasanya masih bergantung ASI dan ayah biasanya sedang bekerja sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk anaknya. Tetapi, tahukah Anda ? peran aktif seorang ayah dalam merawat si kecil dari awal masa kelahirannya ternyata sangat mendukung dan memaksimalkan potensi perkembangan anak di masa emas pertumbuhan, yaitu pada usia 0-4 tahun. Pada 0-6 bulan pertama, bayi yang seringkali mendapatkan perawatan dari sang ayah terbukti memiliki nilai perkembangan motoric yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan perawatan dari seorang ayah.

Menurut Pyramid of Learning (Willoam & Schellenberger) yang dikutip dari vemale.com bahwa kematangan system saraf pusat dan perkembangan yang optimal pada 7 sistem sensorik menjadi dasar tercapainya perkembangan yang kognitif. Gerak dan fungsi pada si anak juga akan berujung pada kecerdasan majemuk. Tujuh system yang haris dimaksimalkan adalah stimulasi yang berhubungan dengan indera peraba atau stimulasi taktil melalui sentuhan dan tekanan.

“Satu hal yang pasti anak-anak mengenal sentuhan dari mama dan papanya, maka itu berarti susunan syarafnya yang tertidur langsung terbangunkan, itu namanya aktivitasi,” ujar Anne Gracia, Praktisi Neurosains Terapan.

Setelah itu adalah rangsangan pada penciuman dan aroma atau stimulasi penciuman. Lalu visual stimulasi atau rangsangan indera penglihatan. Kemudian rangsangan indera pendengaran atau auditori.

“Pada saat ayah membuka baju anak, jangan diam saja harus komunikasi, misalnya berbicara pada bayi, bicarakan yang sederhana saja, seperti ayo angkat tangannya, kemudian nadanya dibedakan, maka si Kecil akan mendengar dan mengetahui suara ibu dan ayahnya,” jelasnya.

Selanjutnya adalah rangsangan pada indera pengecap atau stimulasi pengecapan. Untuk rangsangan keseimbangan pada tubuh bisa dipraktekan dengan ayunan. Kemudian terdapat rangsangan pada persendian tubuh.

“Jadi ada banyak hal yang bisa dilakukan para orang tua sedini mungkin. Proses kebersamaan sedini mungkin sangat diperlukan bayi Anda. Ya seperti sejak dini memandikan bayi itu sangat bagus sekali untuk peran ayah yang aktif,” tutup Anne.

7 sistem sensorik diatas tersebut didapatkan oleh stimulasi tambahan dari sang ayah. Secara genetic sendiri seorang ayah akan mendominasi sikap dan perilaku anaknya. Oleh sebab itu, banyak sekali anak kecil baik laki-laki maupun perempuan yang sering nempel dengan Ayah, karena tidak mau ditinggal.

Advertisements

Comments

comments