Penasaran Bagaimana Lahirnya Hari Ibu di Indonesia ?

0
264
Penasaran Bagaimana Lahirnya Hari Ibu di Indonesia ?
Hari Ibu (Gambar : Google)

Tanggal 22 Desember itu hari apa sih ? Tanggal 22 Desember merupakan hari dimana seluruh masyarakat Indonesia memperingati dan merayakan Hari Ibu . Hari tersebut didedikasikan untuk memperingati bahwa perempuan mempunyai peran penting dalam keluarganya, baik sebagai istri untuk suami, ibu untuk anak-anaknya, dan untuk lingkungan sosial. Tahukah Anda mengapa Hari Ibu ditetapkan sebagai salah satu perayaan nasional di Indonesia ?

Pada awalnya Hari Ibu dimulai dari para pejuang dari 12 kota di Jawa dan Sumatra yang berkumpul dan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia 1 pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Kota Yogyakarta. Salah satu hasil dari konggres Perempuan Indonesia 1 tersebut adalah membentuk Konggres Perempuan yang sekarang dikenal sebagai Konggres Wanita Indonesia (Kowani). Akan tetapi, penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu diputuskan dalam Konggres Perempuan Indonesia III sekitar tahun 1938. Dan pada saat itu, Presiden Soekarno menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Ibu Nasional melalui Diskrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Para pejuang wanita zaman dahulu tersebut berkumpul untuk menyatukan pikiran, tekad, dan semangat dalam berjuang demi kebaikan nasib kaum perempuan. Mereka kemudian menggarap isu mengenai persatuan perempuan Nusantara, keterlibatan perempuan dalam berjuang melawan kemerdekaan, keterlibatan perempuan dalam aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan. Selain itu, masalah pernikahan usia dini bagi perempuan dan perbaikan gizi kesehatan bagi ibu dan balita juga tidak luput dibahas dalam konggres tersebut. Berbeda dengan zaman sekarang, pejuang perempuan melakukan pemikiran yang kritis untuk membangun perkembangan perempuan, tanpa membawa nama kesetaraan gender.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Ditetapkannya dan dibuatnya hari untuk Ibu terinspirasi dari perjuangan para pahlawan wanita pada abad ke-19 seperti Cut Nya Dien, M. Christina Tiahahu, R.A. Kartini, Cut Mutiah, Dewi Sartika, Walanda Maramis, Rangkayo Rasuna Said, Nyai Ahmad Dahlan dll. Saat ini, Hari Ibu di Indonesia diperingati untuk mengungkapkan rasa sayang, cinta dan ucapan terima kasih kepada para Ibu di seluruh dunia terutama Indonesia. Hal tersebut biasanya dirayakan dengan memberi kado istimewa, aneka bunga dan beberapa lomba khusus untuk para Ibu.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Comments

comments