Teror Sarinah Jakarta Terkait Santoso, ISIS, dan Poso?

1
271
ISIS, Sarinah, Santoso
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Hebohnya baku tembak yang terjadi di pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat mulai mengundang berbagai pertanyaan. Apakah adanya ledakan beruntun dan baku tembak ini ada keterkaitan dengan Santoso? Santoso yang tak lain adalah teroris ISIS di Indonesia hingga kini masih diburu oleh pihak kepolisian.

Profil Santoso dan Gerakannya

Di awal 2012, Santoso dikenal oleh masyarakat Poso sebagai penjual sayur yang ramah. Ia menjajakan sayur segarnya di Pasar Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Kisah ini diceritakan oleh Pendeta Rinaldy Damanik, tokoh Kristen di Kabupaten Poso. Berbanding terbalik dengan saat itu, kini Santoso tengah dicari polisi karena serangkaian aksi teror di Kabupaten Poso dan Provinsi Sulawesi Tengah. Dikutip dari sulawesi.bisnis.com, Santoso sempat bersembunyi di hutan bersama 19 orang anggotanya, dan menamakan kelompoknya sebagai Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Santoso alias Abu Wardah muncul di situs jejaring sosial YouTube pada 7 Juli 2013 lalu. Kehadirannya memunculkan spekulasi kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur yang ingin kembali melancarkan serangan. Dinilai oleh sejumlah pengamat, aksi tersebbut dilakukan untuk membuktikan bahwa Santoso tidak sendirian saat melakukan aksi teror.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Keterkaitan Santoso dengan ISIS

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti mencurigai jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) terlibat dengan ISIS. Bahkan dia juga mencurigai organisasi tersebut mendapat kucuran dana dari ISIS. Karena itu, dia melakukan penyisiran di kawasan Poso, Sulawesi Tengah, yang merupakan basis jaringan MIT. Seperti yang dikutip dari tempo.co, Badrodin menilai MIT adalah kelompok yang dipimpin oleh Santoso. Mereka berpusat di kawasan Poso. Menurut Badrodin, Polri sudah mencurigai kelompok Santoso memiliki hubungan dengan jaringan ISIS sejak pertengahan tahun.

Dari sulawesi.bisnis.com, disebutkan bahwa terakhir Santoso dan kelompoknya terlihat berada dalam rekaman video yang dirilis Polda Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Video tersebut didapatkan ketika pasukan keamanan terlibat baku tembak dengan kelompok sipil bersenjata pada Oktober 2014. Kelompok yang dipimpin Santoso itu akhirnya terdesak, dan lari ke tengah hutan dengan meninggalkan sejumlah barang bukti, antara lain “handycam” berisi rekaman video.

Rekaman tersebut berisi video yang sudah dipotong-potong menjadi beberapa gambar dengan durasi beberapa detik. Terlihat di rekaman tersebut Santoso berlatih perang dengan cara menyeberangi sungai sambil membawa senjata laras panjang. Kepala Santoso ditutup daun agar tidak terlihat oleh musuh. Tak hanya itu, terlihat pula anggota kelompok teroris lainnya melakukan aksi salto ke dalam air sambil memegang senjata api. Di dalam video tersebut, mereka juga mendeklarasikan telah bergabung dengan kelompok Negara Islam di Suriah dan Irak (ISIS).

Bahkan Santoso juga pernah mengancam akan meledakkan Markas Polda Metro Jaya yang diungkapnya dalam video berdurasi 9 menit 35 detik berjudul ‘Seruan Sang Komandan’. “Kalau dugaan awal, iya (suara Santoso). Tapi harus diverifikasi dengan para ahli forensik,” kata Wawan saat dihubungi liputan6.com di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Bom Sarinah Diduga Dilakukan Oleh ISIS

Hingga kini kepolisian masih mengidentifikasi pelaku peledakan bom yang terjadi di pusat perbelanjaan Sarinah. Dugaan muncul pelaku dari serentetan aksi teror ini adalah ISIS. Dikabarkan situs metrotvnews.com, sebelum adanya ledakan, muncul warning yang berasal dari ISIS. Hal ini disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan pada Kamis (14/01/2016),”Sebelumnya ada warning. Di Indonesia, akan terjadi konser dan menjadi sorotan. Dari ISIS”.

Namun demikian, belum terdapat bukti pasti keterlibatan ISIS dalam aksi teror di Sarinah yang telah menewaskan setidaknya 5 orang tersebut. Semoga hal ini bisa menjadi masukan bagi penjaga keamanan.

Baca juga: Ledakan Beruntun Terjadi di Sarinah, Diduga Bom Bunuh Diri

zeepro,propolis

Comments

comments

Comments are closed.