Inilah Daftar 5 Wisata ‘Api Abadi’ di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

4656
1697
api abadi, wisata api, indonesia
phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Berwisata ke pantai, gunung, atau kebun teh tentu sudah hal biasa. Namun pernahkah Anda mencoba wisata api abadi? Atau bahkan sudahkah Anda pernah mendengar wisata tersebut? Sama seperti namanya, disebut api abadi karena api ini tidak dapat dipadamkan meski terkena hujan dan badai. Wisata ini sama seperti wisata “Door to Hell” yang ada di Turkmenistan dan Burning Mountain di New South Wales, Australia. Yang lebih menarik, wisata api abadi ini dapat Anda temukan di Indonesia! Penasaran dimana sajakah tempatnya?

1. Api Abadi Bekucuk

Dari namanya mungkin tempat wisata ini sedikit terlihat aneh. Namun jangan salah, nama Bekucuk ini diambil dari nama daerah tempat api bekucuk berada, yaitu di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto, Jawa Timur.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Ditemukan pada tahun 1993, menurut penduduk setempat Api Abadi Bekucuk ini sudah ada ratusan tahun yang lalu dan digunakan pada masa kerajaan Majapahit untuk membuat keris dan persenjataan lainnya.

Jika Anda ingin berwisata di tempat ini sebaiknya dilakukan pada malam hari. Hal ini karena Api Abadi Bekucuk tampak terlihat begitu terang dan menakjubkan di malam hari. Aksesnya cukup mudah mengingat letaknya kurang lebih hanya 3 kilometer dari kota Mojokerto.

2. Api Abadi Sungai Siring

Api Abadi Sungai Siring terletak di Dusun Bambu Kuning Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Utara.

Masih ingat dengan api dari obor di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII yang diselenggarakan tahun 2008? Api tersebut diambil dari Api Abadi Sungai Siring ini.

3. Api Abadi Kayangan Api

Api Abadi Kayangan Api terdapat di Bojonegoro, Jawa Timur lebih tepatnya di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur atau sekitar 15 kilometer di selatan Kota Bojonegoro. Telah resmi menjadi wisata alam, di tempat wisata ini ada pendopo, tempat jalan, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Tak hanya jadi tempat wisata,Api Abadi Kayangan Api juga kerap digunakan dalam beberapa upacara penting.

4. Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen terletak di Kabupatenn Grobongan Jawa Tengah. Api Abadi ini ditemukan pada abad ke 15 dan cukup terkenal di Indonesia. Api ini pernah digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional atau yang biasa disingkat PON. Mulai dari Pekan Olahraga Nasional X tahun 1981, HAORNAS, dan POR PWI pada tahun 1983.
Dibalik kemunculannya, terdapat sebuah legenda yang mengatakan bahwa api ini tercipta ketika Sunan Kalijaga  dan teman-temannya sedang kediginan. Pada saat itu Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya ke tanah, lalu saat dicabut keluarlah api abadi Mrapen.
Seperti halnya Api Abadi Kayangan Api, Api Abadi Mrapen juga tidak bisa padam meski hujan deras dan angin kencang datang.

5. Api Tak Kunjung Padam

Lokasi api ini berada di Pamekasan, Madura. Api Tak Kunjung Padam atau yang sering disebut Api Abadi Pamekasan ini dilingkari oleh sebentang pagar. Tempat wisata ini dibuka 24 jam.

Legenda Api Tak Kunjung Padam mirip dengan legenda Api Abadi Mrapen. Konon katanya Api ini tercipta karena tongkat yang ditancapkan oleh seseorang yang memiliki julukan “Ki Moko”. Saat hujan api ini akan mati, namun setelah hujan reda anehnya api ini kembali hidup.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika ingin melihat api abadi. Di Indonesia sendiri juga memiliki wisata api abadi yang tak kalah menarik dengan api abadi di luar negeri.

 

zeepro,propolis

Comments

comments

Comments are closed.