Peringati Hari Pers Nasional 9 Februari, Sudahkah Anda Tahu Bagaimana Sejarahnya?

55
437
hari pers nasional, 9 februari, sejarah pers

Mungkin tak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa setiap tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional. Adapun peringatan ini sebagai sebuah pesta rakyat yang memiliki pers merdeka yang menjadi salah satu pilar demokrasi.

Pelaksanaan perayaan Hari Pers Nasional dilakukan di ibukota provinsi yang berbeda dari tiap tahunnya di Indonesia. Di tahun 2016 ini perayaan diadakan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Lantas bagaimana asal usul adanya Hari Pers Nasional ini?

Sejarah Munculnya Hari Pers Nasional

Kembali pada masa lalu, 71 tahun silam, tepatnya pada 9 Februari, diadakan pertemuan untuk membentuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Museum Pers Solo, Jawa Tengah. Dulunya gedung ini berfungsi sebagai Kantor Palang Merah Indonesia (PMI).

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Akan tetapi bukan pada saat itu penetapan Hari Pers Nasional. Gagasan untuk menjadikan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke-16 PWI di Padang, Sumatera Barat. Karena baru berupa gagasan, maka tentu saja tidak langsung dijadikan penetapan.

Pada saat kongres di Padang tersebut ditetapkan salah satu keputusan yang berupa cetusan untuk menetapkan suatu hari bersejarah dalam rangka memperingati peran pers secara nasional. Usul tersebut kemudian diutarakan pada pemerintah melalui Dewan Pers.

Setelah kongres yang didakan pada 4 Desember 1978 itu, kemudian diadakan sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada tanggal 19 Februari 1981 membahas hal tersebut. Alhasil Dewan Pers pun menyetujui dan kemudian diteruskan pada pemerintah dan menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Turunnya Keputusan Presidan RI Nomor 5 Tahun 1985 pun menjadikan Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari. Keputusan tersebut ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

Sejak saat itu, tanggal 9 Februari diperingayi sebagai Hari Pers Nasional. Namun tak hanya itu, di tanggal yang sama pula bertepatan dengan HUT PWI. Pada tanggal 9 Februari 1946 itu diadakan pertemuan wartawan nasional yang melahirkan PWI sebagai organisasi wartawan pertama pasca kemerdekaan Indonesia. Soemanang yang juga merupakan pendiri Kantor Berita Antara ditetapkan sebagai Ketua PWI pertama pada pertemuan tersebut.

Memperingati Hari Pers Nasional pada 9 Februari ini, semoga dunia pers ke depan terus maju dan memberikan informasi terbaik bagi bangsa.

Comments

comments

Comments are closed.