Unik, Dua Sungai di Brazil Ini Bertemu Tapi Tidak Pernah Bercampur

55
259
Unik, Dua Sungai di Brazil Ini Bertemu Tapi Tidak Pernah Bercampur
Dua Sungai Bertemu (Gambar : Google)

Dari pedalaman Manaus, Brazil Utara sekitar 10 kilometer jauhnya terbentang indah sungai Rio Negro dengan warna hitam yang memukau mengalir melalui kota dan bertemu dengan aliran sungai Amazon yang berwarna kecoklatan. Uniknya kedua aliran tersebut bahkan tidak bercampur sama sekali. Sebaliknya, mereka mengalir secara berdampingan sejauh 6 km. kejadian seperti ini biasa disebut dengan ‘Meeting of the Waters’ (pertemuan air) atau dalam bahasa Portugis disebut Encontro das Águas. Fenomena seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Amazon, tetapi keajaiban alam ini merupakan yang paling dramatis karena mereka bertemu sejauh 6 kilometer sehingga sungai ini kini menjadi salah satu tempat wisata utama dari Manaus.

Dua Sungai Bertemu
Dua Sungai Bertemu (Gambar : Google)

Rio Negro merupakan anak sungai terbesar dari aliran sungai Amazon dan sungai air hitam terbesar di dunia. Warna hitam sungai ini ternyata berasal dari tumbuhan-tumbuhan yang membusuk dan larut kedalam air mengalir melalui hutan hujan dan rawa-rawa. Sungai air hitam ini mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi dan sedikit sekali sedimen. Sedangkan air sungai amazon kental dengan pasir dan lumpur yang membuat mereka berwarna kecoklatan.

Kedua sungai tersebut memiliki kepadatan, kecepatan, dan suhu yang berbeda sehingga mereka sulit untuk bercampur. Air sungai Amazon lebih padat, dingin, dan lebih cepat alirannya dibanding dengan air sungai Rio Negro yang lebih hangat dan lambat.

Banyak sekali perusahaan tur yang menawarkan perjalanan menggunakan perahu ke tempat dimana sungai tersebut bertemu. Waktu yang paling baik untuk berwisata ke pertemuan sungai tersebut adalah antara bulan Januari dan Juli saat aliran sungai sedang deras-derasnya.

Comments

comments

Comments are closed.