Persiapan Penyambutan Raja Salman dari Arab Saudi

0
124
Raja Salman, Kunjungan Raja Arab, Presiden Joko Widodo

Sudah sejak awal pekan lalu petugas bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan bandara I Gusti Ngurah Denpasar Bali tengah disibukan dengan persiapan agenda penting. Agenda ini berkaitan dengan kenegaraan dan hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Arab Saudi.

Kedatangan orang nomor satu Arab Saudi itu dijadwalkan akan berlangsung selama 9 hari di Indonesia dengan serangkaian acara yang akan dijalani di Jakarta dan Bali. Tanggal 1-3 Maret rencananya kunjungan akan berlangsung di Jakarta dan tanggal 4-9 Maret adalah acara keluarga atau liburan bagi rombogan dari Arab Saudi ini.

Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Al Saud akan berkunjung ke Indonsia dalam rangka menjalin hubungan baik dengan Indonesia setelah selama 47 tahun lamanya Raja Arab Saudi tidak datang berkunjung ke Indonesia. Kunjungan terakhir adalah pada tahun 1970 ketika Arab dipimpin oleh Raja Faisal.

Dalam hubungan antar negara ini Arab saudi akan menjalin kerjasama dengan Indonesia dalam proyek pembangunan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah yang ditaksir nilainya berkisar 94,5 Trilyun Rupiah atau US$7 miliar.

Presiden Joko Widodo yang sebelumnya juga telah berkunjung ke Arab Saudi disambut baik oleh Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud. Kini giliran Presiden Joko Widodo akan menyambut secara spesial kedatangan Raja Salman.

Dalam kunjungan ini Raja Salman akan membawa serta 1500 staf delegasi pemerintahannya termasuk didalamnya 10 Pangeran Kerajaan Arab Saudi. Untuk itu Presiden Joko Widodo akan mengupayakan pengamanan maksimal dan kenyamanan bagi Raja Salman beserta rombongan selama berada di Indonesia.

Berbagai persiapan khusus dilakukan untuk kunjungan bersejarah ini. Persiapan itu mulai dari kegiatan penyambutan di Bandara Halim Perdana Kusuma dimana Presiden Joko Widodo akan menyambut langsung kedatangan Raja Salman di depan pintu pesawat.

Raja Salman bahkan mengirimkan tangga pesawat khusus yang dikirim langsung dari Arab Saudi yang nantinya akan digunakan Raja Salman saat mendarat di Indonesia. Tangga khusus itu berupa eskalator yang kini telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan nantinya akan segera di kirim ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dalam agenda ke dua Kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

Selain di bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, kesibukan juga terlihat di Istana Bogor yang nantinya akan menjadi tempat dimana Presiden akan menjamu tamu pentingnya ini. Selain pasukan pengamanan Presiden disiagakan juga pasukan gabungan dari TNI dan Polri untuk memperketat pengaman selama Raja Salman berada di Tanah Air.

Raja Salman akan disambut dengan parade meriam dan iringan pemusik serta pasukan berkuda dari TNI AD yang akan mengawal sejak dari gerbang Istana Negara.
Persiapan penting juga sedang dilakukan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan Jakarta dimana agenda kunjungan Raja Salman ini adalah bentuk napak tilas sejarah hubungan negara Indonesia dengan Arab Saudi. Persiapan di Senayan ini adalah agenda perjamuan dan pemutaran film tentang hubungan Arab Saudi dan Indonesia. Persiapan khususnya di Senayan adalah pembuatan tangga masuk ke Gedung DPR/ MPR RI yang dibuat lebih landai untuk Raja Salman yang punya sakit lutut sehingga tidak bisa menaiki tangga yang ekstrem.

Selain di Jakarta, kesibukan persiapan menyambut Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud juga terjadi di Denpasar Bali dimana rombongan Arab Saudi Raja Salman akan menghabiskan lima hari sisa kunjungannya ke tanah air untuk berlibur. Persiapan ini mulai dari pengamanan di Bandara I Gusti Ngurai Rai Denpasar, penyiagaan pasukan pengawalan dan pengamanan selama Raja Salman berada di Bali dan pemesanan lima hotel bintang lima untuk seluruh tamu VVIP dari Saudi ini.

Advertisements

Comments

comments