Pesona Kebun Teh Kemuning, Wisata Alam Bentukan Masa Kolonial

0
191
kebun teh kemuning, wisata alam, karanganyar jawa tengah

Karanganyar, Jawa Tengah merupakan salah satu kabupaten di karesidenan Surakarta yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Karanganyar menyimpan pesona keindahan panorama alam yang indah karena letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu.

Bisa dikatakan wisata alam di Kabupaten Karanganyar serupa dengan wisata Puncak Bogor Jawa Barat atau pintu masuk pendakian Gunung Merapi yang rata-rata berudara dingin.
Salah satu obyek wisata di Karanganyar yang perlu Anda kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata Anda di Jawa Tengah adalah Kebun Teh Kemuning. Sebuah hamparan perkebunan di lereng Gunung Lawu yang berudara sejuk dan belum tercemar.

Terletak di Desa Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, kebun teh Kemuning dikelola oleh PT. Rumpun Sari Kemuning yang berkantor tidak jauh dari perkebunan.
Apabila berkunjung ke Kemuning, Anda akan disuguhkan dengan panorama hamparan hijau yang tertata rapi. Karena setiap hari ada pekerja yang bertugas memetik daun teh muda yang nantinya akan di olah menjadi teh yang bisa kita sedu dan kita nikmati di rumah.

Sejarah Munculnya Wisata Kebun Teh Kemuning

Selain sebagai obyek wisata alam, perkebunan teh Kemuning ini juga memiliki nilai historis yang panjang dalam sejarah Negara Indonesia. Kebun teh ini merupakan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang pada masa penjajahan.

Belanda membangun perkebunan teh di Karanganyar Jawa Tengah atas perjanjian dengan pemerintah Kadipaten Mangkunegaran. Perkebunan ini kemudian dikelola oleh perusahaan NV. Cultur Mascave Kemuning yang dipimpin oleh Johan dan Van Mender Voort dari Belanda dalam jangka 50 tahun.

Setelah masa penjajahan berakhir perkebunan teh Kemuning kemudian diambil alih dan dikelola oleh Kadipaten Mangkunegaran dibawah pimpinan Ir. Sarsito. Tahun 1948-1950 dalam masa perang kemerdekaan kebun teh ini diambil alih oleh pemerintahan darurat militer untuk membiayai perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Itu tadi sekilas tentang sejarah perkebunan teh Kemuning untuk menambah kasanah wawasan kita dan melihat bagaimana sebuah tempat wisata indah yang kita kunjungi selalu memiliki nilai historis yang menarik.

Keindahan Kebun Teh Kemuning

Untuk mencapai kebun Teh Kemuning butuh waktu sekitar satu jam dari Kota Karanganyar dengan mengendarai sepeda motor atau mobil. Perlu persiapan khusus mengecek kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat ke lokasi kebun teh. Jalanan yang terjal dan naik turun serta licin menjadi tantangan perjalanan.

Oleh karena itu pastikan kondisi kendaraan Anda baik dan aman untuk menempuh medan yang naik turun. Intensitas hujan yang tidak menentu dikawasan pegunungan juga membuat jalanan basah dan licin menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Tapi setelah Anda mencapai lokasi kebun teh, maka semua persiapan dan ketegangan perjalanan anda akan terbayar dengan keindahan alam yang memanjakan mata.
Anda tidak perlu repot membawa bekal makanan dan minuman dari bawah atau dari kota karena di area kebun teh ada banyak penjual makanan dan minuman yang siap melayani kebutuhan camilan anda. Kopi, teh, dan aneka makanan tersedia untuk menemani Anda menikmati keindahan hamparan hijau kebun teh.

Selain itu ada satu tempat yang wajib anda singgahi di kebun teh Kemuning yaitu Rumah Teh Ndoro Dongker. Tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke kebun teh Kemuning karena disini kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan teh dari awal hingga akhir.

kebun teh kemuning, wisata alam, karanganyar jawa tengah

Rumah Teh Ndoro Dongker juga menyediakan spot foto yang keren dan ekslusif. Background pemandangan alam dan tempat minum teh yang nyaman memberikan sensasi fresh dan rileks bagi pikiran kita. Jangan lupa mengenakan jaket atau baju hangat karena udara di kawasan kebun teh ini relatif dingin.

Advertisements

Comments

comments