Membanggakan, Kevin dan Marcus Raih Medali Emas All England 2017

0
96
bulu tangkis, All England, Ganda putra

Pecinta bulu tangkis Indonesia sempat dibuat berdebar-debar saat akhirnya menyaksikan pertandingan final ganda putra All England 2017. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon bertemu di laga final dengan pasangan Li Junhui dan Liu Chen.

Pada laga final yang digelar di Birmingham, Inggris pada Minggu 12 Maret 2107 kemarin, pasangan Kevin dan Marcus meraih kemenangan langsung dua set 21-19 dan 21–14. Mengalahkan dengan cepat pasangan dari China itu Markus dan Kevin merasa sangat senang dan tidak menyangka mereka akan menjadi juara di kategori ganda putra.

Sehari sebelumnya di babak semifinal Kevin dan Marcus telah mengalahkan ganda putra Denmark Mads Conrad Peterson dan Mads Pieler Kolding. Namun bagi Marcus dan Kevin mengalahkan ganda putra China relatif lebih mudah dari pada mengalahkan ganda putra Denmark.

Perolehan kemenangan ini disebut Markus lebih banyak karena kesalahan lawannya sendiri yang terlihat tegang. Menurut Marcus, mereka terlihat tegang dan tidak bisa menguasai diri sehingga banyak melakukan kesalahan.

Pelatih bulu tangkis ganda putra Indonesia Herry Imam Pierngadi yang melatih Marcus dan Kevin mengatakan bahwa ujian terberat bagi kedua asuhannya itu adalah laga semifinal melawan Peterson dan Kolding dari Denmark.

Untuk menghadapi babak final Herry mengatur Kevin dan Marcus untuk meraih poin dari pengambilan service dan permainan net. Ini karena Herry membaca pola pemain ganda putra China ternyata memliki kelemahan disana.

Strategi ini terbukti berhasil ketika akhirnya Kevin dan Marcus berhasil menjuarai kategori ganda putra All England 2017. Kemenangan itu sekaligus menjadi tambahan koleksi gelar juara ke-45 bagi Indonesia yang tahun lalu memperoleh gelar ke-44 nya melalui pasangan Jourdan dan Debby Susanto.

Atas prestasinya mengharumkan nama Indonesia di ranah Bulu Tangkis Dunia, Kevin dan Marcus diberikanucapan selamat dan hadiah yang diberikan langsung dari Menpora melalui Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia.

Pemerintah melalui Menpora memberikan hadiah berupa uang senilai 250 juta rupiah bagi Marcus dan Kevin atas jasanya dan prestasinya membawa nama harum Indonesia di kancah internasional.

Meskipun Kevin dan Marcus berasal dari sekolah dua klub bulu tangkis yang berbeda, namun keduanya berhasil menyelaraskan permainan ganda putra dengan baik. Marcus berasal dari Klub Tangkas Jakarta dan Kevin dari PT Djarum. Kevin Juga menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil membawa pulang gelar All England 2017. Pasangan ganda campuran Tantowi Yahya dan Lyliana Natsir harus terhenti di babak perempat final.

Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi sangat bangga dengan ukiran prestasi dari Kevin dan Marcus. Imam Nahrawi juga menyambut langsung pasangan ganda putra Indonesia itu di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa 14 Maret 2017. Menpora berharap tradisi juara dunia bulutangkis indonesia ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi untuk meraih gelar di semua kategorinya. Kedepan, bulu tangkis Indonesia akan semakin baik dengan adanya pemain-pemain muda berbakat yang dibentuk dan dilatih secara maksimal.

Gelar juara dunia ganda putra Kevin dan Marcus ini harus dipertahankan, karena secara moral mereka telah membawa beban nama Indonesia di kancah bulu tangkis dunia. Marcus dan Kevin akan menjadi ujung tombak ganda putra Indonesia dalam setiap turnamen dunia yang akan datang.

Taufik Hidayat, pemain bulu tangkis senior yang juga pernah menjadi juara dunia bulu tangkis tunggal putra berharap pencapaian Marcus dan Kevin ini menjadi titik awal prestasi pemain muda seperti Marcus dan Kevin. Mereka tidak boleh cepat puas dan harus terus berlatih untuk menghadapi turnamen-turnamen yang akan datang.

Advertisements

Comments

comments