Pesona Umbul Sidomukti, Kolam Renang Tertinggi di Asia Tenggara

0
58
umbul sidomukti, wisata alam, kolam renang

Menikmati segarnya berendam di kolam dengan mata air asli pegunungan akan memberikan sensasi rileks dan fresh bagi tubuh anda. Berbeda dengan ketika anda berenang di kolam renang biasa yang airnya mengandung kaporit dan pemandangannya hanya tembok-tembok pembatas area kolam.

Di Umbul Sido Mukti, anda bisa dimanjakan dengan suasana alam yang menyegarkan sembari berendam di kolam renang alami yang dindingnya adalah tatanan batu kali yang disusun sedemikian rupa sehingga memberikan kesan alami.

Umbul Sido Mukti juga merupakan kolam renang yang letaknya berada di daratan paling tinggi di Asia Tenggara, karena Umbul Sido Mukti ini terletak di atas gunung  Semarang Jawa Tengah. Jadi ketika anda berendam dan berenang disini, anda akan disajikan dengan pemandangan berupa langit dan hamparan perbukitan yang hijau dan asri.

Letaknya yang berada pada dataran tinggi membuat udara di area Umbul Sido Mukti relatif dingin, ditambah dengan air pegunungan asli yang langsung memancar dari mata air alami. Meski pun dingin tapi anda akan merasakan tubuh anda menjadi lebih segar ketika berendam di Umbul Sidomukti.

Umbul Sido Mukti menawarkan pilihan kolam bertingkat sesuai dengan kedalaman kolamnya dan kebutuhan kolam bagi anak-anak dan dewasa. Pada kolam utama terdapat pancaraan mata air yang cukup tinggi yang merupakan ciri umbul (sumber air) yang berasal dari dasar gunung.

Selain kolam renang, Wisata Umbul Sidomukti juga menawarkan wahana permainan seru Flyng Fox, Marine Brigde dan ATV track yang menjadi pilihan permainan untuk memacu adrenalin pengunjung.  Flying Fox tersedia dengan lintasan sepanjang 110 meter dengan jarak ketinggian  70 meter dari tanah.

Anda cukup membayar 12.000 rupiah saja untuk dapat menikmati sensasi meluncur dengan tali dari ketinggian 70 meter. Sedang untuk menyewa ATV anda cukup membayar 20.000 rupiah, anda bisa memutari track sebanyak 3x.

Untuk melewati marine Brigde anda cukup membayar 7.000 rupiah saja dan anda bisa merayap di jaring yang terbentang disepanjang lembah Sidomukti.

Untuk menuju ke Umbul Sidomukti ini anda bisa menempuh jalur dari arah Semarang menuju Solo, anda akan menemukan Pom Bensin Lemah Abang di sisi kanan jalan. Dari situ lalu ambil arah kanan menuju Bandungan dan terus saja sampai ketemu pada pasar Jimbaran.

Dari pasar Jimbaran itu akan tertera plang atau tulisan Umbul Sidomukti ke arah kanan, lalu ikuti saja arahnya karena setelah dari pasar Jimbaran itu sudah masuk ke jalan sempit dan tinggal mengikuti arah jalannya.

Untuk alamat tepatnya yaitu kawasan wisata Umbul Sidomukti, desa Sidomukti kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi ini, anda disarankan menggunakan sepeda motor atau kendaraan kecil saja. Karena bus dan kendaraan besar tidak bisa masuk, dan perlu skill memadai bagi para sopir untuk mengendalikan mobil di medan yang menanjak berkelok yang curam.

Wisata Umbul Sidomukti ini bisa menjadi  destinasi pilihan anda yang mungkin bosan dengan liburan ke pantai dan mall. Umbul Sidomukti menawarkan juga fasillitas pemandian air panas yang mengandung belerang.  Pemandian air panas ini dipercaya dapat membuat kulit anda menjadi sehat dan bersih. Belerang juga mujarab mengobati gatal-gatal karena gangguan dari luar tubuh.

Wisata di Semarang ini biasanya akan semakin ramai menjelang lebaran Idul Fitri dan perayaan tahun baru.

 

Advertisements

Comments

comments