Begini Dampak Gempa 7,3 SR di Selatan Pulau Jawa

0
112
Gempa bumi 7,3 SR melanda Selatan Jawa
Gempa bumi yang berpusat di barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat berkekuatan 7,3 SR (Sumber Foto: Beritasatu)

Kabarnesia.com – Gempa berkekuatan 7,3 skala richter di selatan Pulau Jawa, Jumat (15/12) malam mengakibatkan banyak bangunan yang rusak. Berdasarkan data BMKG guncangan gempa ini dirasakan di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Depok, Karangkates, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Mataram, Kebumen dan Yogyakarta.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa akibat dari gempa tersebut banyak bangunan yang ambruk.

“Sebanyak 43 rumah rusak berat dan roboh, 65 rumah rusak sedang, 10 rumah rusak ringan dan beberapa bangunan publik mengalami kerusakan,” ujar Sutopo dalam siaran persnya, Sabtu (16/12).

Baca Juga :

Bangunan publik seperti rumah sakit pun mengalami kerusakan. Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas mengalami kerusakan yang cukup parah plafon ambruk, tembok yang retak, kebocoran pada instalasi pipa gas, sehinngga pasein dievakuasi ke tenda BPBD Banyumas.

Sutopo menambahkan daerah yang paling parah terkena dampak gempa ialah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Ciamis, Jawa Barat.

“Dampak gempa di wilayah Jawa Barat adalah 1 orang meninggal dunia, 6 orang luka-luka, 17 rumah rusak berat, 59 rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan. Sedangkan di Jawa Tengah, 1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 26 rumah rusak berat dan roboh, dan 6 rumah rusak sedang,” tandasnya.

Baca juga artikel menarik terkini lainnya di Kabarnesia.

Comments

comments