YouTube Berikan Sanksi Logan Paul Si Pembuat Video Bunuh Diri

0
93
Video Logan Paul tentang bunuh diri dihapus YouTube
Sosok Logan Paul, pembuat video kontroversi tentang bunuh diri di Jepang (Foto: The Verge)

Kabarnesia.com – Pada tanggal 31 Desember tahun lalu, seorang Youtuber asal Amerika Serikat Logan Paul berumur 22 tahun memposting sebuah video kontroversi. Rekamannya menunjukkan mayat yang tergantung pada sebuah pohon yang bertempat di Hutan Aokigahara Jepang yang juga dijuluki sebagai “hutan bunuh diri.”

Setelah munculnya video tersebut, banyak petisi untuk situs berbagi video populer tersebut menghentikan saluran Paul, yang memiliki 15 juta pelanggan (subscriber). Sebuah petisi di Change.org yang meminta agar saluran YouTube-nya dihapus memiliki lebih dari 450.000 tanda tangan pada Rabu (10/1) pagi.

Paul menghapus video tersebut, yang telah ditonton lebih dari 6 juta kali. Dia kemudian meminta maaf lewat akun Twitternya, dan lagi-lagi dikritik karena permintaan maaf tersebut dinilai tidak tulus dan hanya mementingkan diri sendiri.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Paul memposting permintaan maaf lain pada tanggal 2 Januari 2018 sehari setelah permintaan maafnya yang pertama di Twitter. Kali ini dalam bentuk sebuah video, ke channel YouTube-nya, di mana dia mengatakan kepada penonton videonya,”Saya telah membuat keputusan yang salah, dan saya tidak berharap untuk dimaafkan.”

Keesokannya ia kembali mengumumkan lewat Twitter bahwa dia akan beristirahat dari YouTube dan vlog hariannya. “Ia memerlukan waktu yang lama untuk merefleksikan diri dari perbuatannya,” kicau seorang netizen di Twitter, setelah melihat tweet Paul.

BACA JUGA:

Kelompok Pencegahan Bunuh Diri Jepang Ova mengecam Paul, dan mengatakan kepada The Japan Times bahwa video Paul, “menimbulkan masalah serius dari sudut pencegahan bunuh diri,” dan jelas melanggar pedoman World Heath Organization tentang bagaimana media harus melaporkan masalah ini.

“Banyak dari Anda telah frustrasi dengan kurangnya komunikasi kita baru-baru ini. Anda benar. Anda berhak mengetahui apa yang sedang terjadi, ” tulis akun Twitter YouTube yang ditulis pada Selasa (9/1). “Seperti yang lainnya, kami kecewa dengan video yang dibagikan minggu lalu. Bunuh diri bukan lelucon, juga tidak seharusnya menjadi sebuah tontonan yang pantas dilihat.”

Dan akhirnya setelah hampir dua minggu Logan Paul memposting video tersebut, YouTube akhirnya memberi respon tentang Logan Paul dan Channel-nya.

YouTube mengakui bahwa butuh waktu lama untuk menanggapinya, namun mengatakan bahwa mereka telah mendengarkan komentar setiap orang. Pernyataan tersebut juga mengindikasikan bahwa mungkin ada perubahan dalam kebijakan YouTube.

“Saluran tersebut melanggar pedoman komunitas kami, kami akan menindaklanjuti dan memberikan konsekuensi lebih lanjut,” tambah situs tersebut di akun Twitter resminya. “Butuh waktu lama untuk merespons, namun kami telah mendengarkan semua hal yang Anda katakan. Kami tahu bahwa tindakan satu Youtuber dapat mempengaruhi keseluruhan komunitas, jadi kami akan segera membagikan detail lebih lanjut dan kami akan memastikan video seperti ini tidak pernah beredar lagi,” dikutip dari Billboard (11/1).

Paul diyakini memiliki sekitar $ 15 juta atau sekitar 66 juta rupiah berkat kontrak komersial yang berasal dari popularitas online-nya. Dan kini ia harus menerima konsekuensi atas videonya yang telah tersebar dan menimbulkan kecaman tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait entertainment atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

Comments

comments