Gempa Guncang Peru, Ratusan Rumah Roboh dan 2 Orang Meninggal Dunia

0
139
Gempa Bumi di Peru
Runtuhan rumah di Peru yang disebabkan gempa bumi (Foto: NBC News)
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Menurut seorang gubenur daerah, dua orang tewas saat sebuah gempa berskala 7.1 yang mengguncang Peru pada hari Minggu (14/1) kemarin.

Gempa tersebut menghancurkan 63 rumah, menggusur sekitar 130 orang, dan melukai 65 orang, kata Jorge Chavez, kepala pertahanan sipil Peru dilansir dari NBC News, Senin (15/1).

Yamila Osorio, Gubernur Arequipa mengatakan di Twitter, seorang pria berusia 55 tahun meninggal di kota Yauca setelah tertimpa oleh sebuah batu.

phuceng,minyak lintah,minyak lintah CHC,mesra perkasa

Jorge Chavez, kepala Institut Pertahanan Sipil Peru, mengatakan kepada RPP stasiun radio setempat bahwa 65 orang terluka, namun ia masih belum meyakini informasi sebelumnya yang mengatakan terdapat dua orang yang telah meninggal di Kota Bella Union.

“Korban yang dilaporkan ditemukan di Bella Union belum dikonfirmasi,” kata Chavez. “Secara resmi, kita hanya memiliki satu kematian,” ujar Chavez dikutip dari Independent,  Senin (15/1).

Menurut Survei Geologi AS, gempa yang terjadi pukul 4 pagi waktu setempat, berpusat di dekat pantai Peru, sekitar 25 mil (40 kilometer) selatan barat daya Acari. Acari berjarak sekitar delapan jam perjalanan menyusuri pantai dari Lima, ibukota Peru.

Rumah dan jalan ambruk dan beberapa kota ditinggalkan tanpa listrik. Warga Lomas, sebuah kota pesisir, dievakuasi setelah mengalami gempa susulan. Pemerintah daerah setempat mengatakan, banyak yang terluka berada di distrik Chala, sebuah wilayah pesisir yang bergantung pada penangkapan ikan dan pertambangan yang populer di kalangan turis.

BACA JUGA:

Pertambangan adalah industri utama di kawasan ini, dan seorang pejabat Kementerian Kesehatan pada awalnya mengumumkan bahwa 17 orang hilang di tambang. Pihak berwenang kemudian mengatakan bahwa tidak ada gangguan di tempat pertambangan.

“Semua yang dibutuhkan akan dikirim,” kata Presiden Pedro Pablo Kuczynski. “Kami sudah merespons dengan kecepatan penuh.”

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik A.S, pada awalnya memperingatkan bahwa gelombang berbahaya dapat melanda Peru dan Cile, namun kemudian menyatakan bahwa tidak ada lagi ancaman tsunami dari gempa tersebut.

Pekerja menggunakan traktor besar untuk membersihkan batu-batu besar dan puing-puing yang menabrak dan memblokir beberapa jalan.

Gempa tersebut menyebabkan beberapa kerusakan di kota yang dijadwalkan dikunjungi Paus Francis minggu ini, dan para pejabat mengatakan bahwa kerusakan tersebut tidak akan mengubah tur Paus.

Gempa tersebut juga dirasakan di Chile utara, tetangga selatan Peru. Kantor Darurat Nasional Cile mengatakan, tidak ada laporan tentang luka-luka, kerusakan infrastruktur, atau gangguan layanan dasar.

Gempa bumi umum terjadi di Peru, namun banyak rumah dibangun dengan bahan berbahaya yang tidak mampu menahannya. Pernah terjadi gempa pada bulan Agustus 2007 silam, menewaskan lebih dari 500 orang dan melukai ratusan lainnya.

 

Baca juga artikel menarik lainnya terkait kabar internasional atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

zeepro,propolis

Comments

comments