Hasil Setengah Perjalanan Trump dan Dampak Penutupan Pemerintah

1
57
Government Shutdown di Amerika
Trump gagal memutuskan alokasi anggaran yang berakibat government shutdown (Ilustrasi: WKTV)

Kabarnesia.com – Betapa mencengangkan negera sebesar Amerika Serikat mengalami ‘shutdown‘ atau penutupan pada beberapa lembaga dan perusahaan jasa milik negara. Dan krisis ini menjadikan Donald Trump gagal dalam kurun 1 tahun jabatannya.

Perlu dijelaskan lagi bahwa dalam politik Amerika Serikat, sebuah ‘penutupan’ pemerintah terjadi ketika Kongres gagal untuk lulus atau presiden gagal untuk menandatangani alokasi undang-undang yang mendanai operasi dan badan pemerintah.

Sebelum tahun 1990, kesenjangan pendanaan tidak selalu mengarah pada ‘penutupan’ pemerintah. Selama penutupan pemerintah, karyawan di ketiga cabang pemerintahan rentan terhadap cuti, ataupun cuti sementara yang tidak dibayar.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Pekerja “penting” lainnya, termasuk mereka yang menangani keamanan publik dan keamanan nasional akan terus bekerja, tanpa bayaran.

Setelah penutupan pemerintah sebelumnya, kongres mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa semua karyawan menerima gaji.

Ratusan ribu pegawai pemerintah akan dipulangkan atau diberitahu agar tidak bekerja sama sekali pada hari Senin, yang akan berdampak pada pekerja di seluruh wilayah negaranya, karena cuti akibat penutupan pemerintah yang dimulai pada hari Jumat malam.

Sebagian besar pegawai yang bekerja di departemen perumahan, lingkungan, pendidikan dan perdagangan tidak akan bekerja. Setengah dari pekerja di departemen perbendaharaan, kesehatan, pertahanan dan transportasi juga tidak akan bekerja minggu depan.

Taman nasional dan tempat-tempat bersejarah seperti monumen juga menghadapi penutupan, sementara proses visa dan paspor bisa tertunda.

Layanan penting yang melindungi hidup dan hak asasi manusia akan berlanjut, termasuk keamanan nasional, layanan pos, pengendalian lalu lintas udara, layanan medis rawat inap, pengobatan rawat jalan darurat, bantuan bencana, penjara, perpajakan dan pembangkitan listrik.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, R-Ky, memberikan peringatan dari ruang senat pada Minggu (21/4). “Penutupan akan menjadi lebih buruk besok,” dia memperingatkan. “Jauh lebih buruk,” ujarnya lagi, dikutip dari NPR, Rabu(24/1).

Penutupan pemerintah terakhir pada bulan Oktober 2013 berlangsung lebih dari dua pekan dan lebih dari 800.000 pegawai pemerintah dipecat.

Namun, jutaan orang Amerika tidak akan merasakan dampak dari penutupan layanan itu pada kehidupan mereka sehari-hari. Dari beberapa contoh yang paling terlihat dari penutupan pemerintah sebelumnya, yaitu penutupan taman nasional.

Jika penutupan hanya berlangsung beberapa hari atau bahkan beberapa pekan, pasar saham kuat yang sering dibanggakan Trump mungkin akan naik tanpa cacat.

Namun para ekonom mengatakan penutupan pemerintah yang berlangsung lebih panjang bisa membuat kepercayaan konsumen dan investor menurun, menarik saham lebih rendah dan akhirnya berdampak pada  perekonomian negara.

US government shutdown
Keamanan berjaga di depan Lincoln Memorial selama proses penutupan (Foto: CNN)

BACA JUGA: Kala Peperangan Besar Dimulai Oleh Turki dan Amerika di Suriah

Dampak Nyata ‘GOVERNMENT SHUTDOWN’ Pada Lembaga Pemerintahan U.S.

1. Pendidikan
Di Departemen Pendidikan, ada kemungkinan lebih dari 90 persen dari total 3.912 pegawai akan cuti selama minggu pertama penutupan, dan tidak lebih dari 6 persen dari total pegawai yang dipanggil kembali untuk bekerja jika penutupan berlangsung lebih lama.

2. Perumahan dan Pembangunan Kota
Departemen Perumahan dan Pembangunan kota mempekerjakan sekitar 7.800 orang. Sekitar 300 di antaranya dianggap bebas cuti. Lembaga ini akan terus memberikan layanan penting seperti memberi tempat tinggal bagi para tunawisma dan memberikan layanan darurat kepada orang-orang penderita AIDS.

3. Taman Nasional
Salah satu simbol yang paling terlihat dari shutdown 2013 itu terjaga keamanannya dari taman nasional. Tetapi tidak akan terjadi tahun ini.

Sebagian besar taman nasional, tempat rekreasi, dan monumen tetap buka selama penghentian, namun NPR Nathan Rott melaporkan selama akhir pekan, banyak penjaga hutan dan staff tidak akan bertugas.

Namun salah satu monumen paling terkenal di Amerika, Patung Liberty, akan dibuka kembali Senin setelah negara bagian New York setuju untuk sementara mengambil alih dan mengoperasikan taman tersebut.

4. Departemen Kehakiman
Departemen Kehakiman mengatakan bahwa proses pengadilan pidana akan terus berlanjut tanpa gangguan. Kecuali dengan kasus campur tangan Rusia dalam pemilihan 2016 dan hubungan potensial dengan kampanye Trump, yang diselidiki oleh pengacara khusus Robert Mueller, akan dilumpuhkan.

5. Layanan Pos
Pengiriman pos tidak terpengaruh oleh isu penutupan pemerintah karena Dinas Pos beroperasi berdasarkan aliran pendapatannya sendiri. Kantor pos juga akan tetap terbuka.

BACA JUGA: 

6. Lembaga Veteran
Dari 377.000 karyawan dari lembaga veteran, lebih dari 335.000 orang diperkirakan akan terus bekerja. Administrasi Kesehatan Veteran telah mendapatkan dana yang disisihkan terlebih dahulu. Setelah sebelumnya lembaga itu pernah merasa terancam karena veteran tidak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan selama penutupan pemerintah 2013.

7. Keamanan sosial
Para pekerja dari lembaga keamanan sosial akan terus berlanjut, dan sebagian besar pegawai administrasi keamanan sosial dibebaskan dari cuti.

8. Lembaga Militer
Panduan dari Departemen Pertahanan yang dikeluarkan pada hari Jumat mengatakan personil militer akan terus bekerja, dan operasi militer di tempat-tempat seperti Afghanistan akan berlanjut.

“Tidak akan ada celah dalam gaji mereka kecuali penutupan tersebut berlangsung sampai 1 Februari, dan jika penutupan berlangsung lama, mereka akan melanjutkan pekerjaan tanpa dibayar sampai penutupan ditutup atau sampai Kongres dan presiden setuju untuk menanggung biaya mereka sebelum hal ini berakhir,” ujar panduan tersebut.

9. Paspor

“Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa pemrosesan pembuatan passport akan berlanjut selama ada biaya yang memadai untuk mendukung operasi,” lapor Kylie Atwood dilansir dari CBS News, Rabu (24/1). Tapi jika agen paspor di gedung pemerintah ditutup karena penutupan, fasilitas itu juga bisa ditutup.

10. Ekonomi

Data yang dikumpulkan oleh instansi pemerintah untuk mengukur aktivitas ekonomi A.S. akan berhenti. Jumlah statistik tentang pengangguran dan pertumbuhan lapangan kerja, misalnya pada pasar perumahan dan inflasi, tidak akan diberitahu kecuali pada jadwal reguler mereka.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait kabar internasional atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

Comments

comments

1 KOMENTAR

Comments are closed.