Pemenang dan Momen Menarik Pada Seoul Music Awards Ke-27

0
89
Pemenang Seoul Music Awards 27
Para pemenang mengambil foto bersama setelah acara selesai (Foto: BTS Europe)

Kabarnesia.com – Penggemar K-pop pasti tidak asing dengan Seoul Music Awards. Ajang ini pertama kali diadakan pada tahun 1990 oleh Sports Seoul untuk memberi penghargaan pada musisi terkenal Korea Selatan.

Pemenang dipilih dari penyanyi yang telah merilis album sepanjang tahun, dikombinasikan dengan 30 persen suara SMS, 40 persen unduhan digital dan penjualan album, dan 30 persen nilai juri.

poster Seoul Music Awards 27 credit pic : soompi

Ada 15 kategori dalam kategori ini. Dengan penghargaan tertinggi yaitu Daesang Award (Grand Prize).

Dipandu oleh MC Leeteuk, Kim So Hyun, dan Shin Dong Yup, ajang penghargaan Seoul Music Awards ke-27 yang dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2018 di Gocheok Sky Dome ini akan menjadikan musim dingin sebagai musim yang mungkin akan selalu diingat oleh penggemar K-Pop.

Tidak hanya membahas tentang pemenang, disini juga akan membahas mengenai momen yang terjadi ketika ajang penghargaan ini berlangsung.

Moments in 27th SEOUL MUSIC AWARDs

1. Tidak hadirnya EXO

Bisa dibayangkan kesalnya EXO-L saat tau idol mereka tidak bisa datang dikarenakan jadwal di Jepang. Padahal sebelumnya penyelenggara memasukkan nama EXO sebagai salah satu grup yang akan ‘manggung’.

credit pic : Billboard

Mengenai hal ini, seorang sumber dari Seoul Music Awards menyatakan, “Karena sifatnya sebagai upacara pemberian penghargaan dimana hasilnya dan peserta tidak diungkapkan sebelumnya, kami tidak dapat mengkonfirmasi apakah EXO akan hadir atau tidak. Kehadiran di acara tersebut tidak berpengaruh pada hasil penghargaan,” dikutip dari Soompi, Selasa (30/1).

2. EXO-L yang terlanjur membeli tiket tetap datang dan mendukung artis SM lainnya

Meskipun marah tapi tiket mahal yang sudah dibeli tidak bisa dibuang begitu saja. Alih-alih membuat keributan EXO-L tetap datang ke konser membawa light stick EXO dan membuat tulisan untuk mendukung artis SM Entertaiment yang datang seperti, Super Junior dan Red Velvet.

EXO-L credit pic : coppamagz

3. Interaksi manis aktor Park Hyung Sik untuk V BTS.

Untuk penggemar drama tentu saja mengenal Park Hyung Sik. Idol sekaligus Aktor ini memang pernah bermain drama dengan V BTS dalam drama Hwarang tahun 2017.  Sejak saat itu keduanya berteman baik bahkan tidak jarang menggugahnya lewat media sosial.

Park Hyung Sik credit pic : Soompi

Pada malam Seoul Music Awards ini, Park Hyung Sik datang untuk mengumumkan pemenang dengan artis Park Eun Bin.

Ketika ditanya oleh Park Eun Bin mengenai penyanyi favoritnya, Park Hyung Sik tersenyum sambil menjawab, “Ada seseorang yang disebut-sebut mempunyai wajah tampan no.1 di dunia.”

V dengan senang berdiri dan melambai ke arah Park Hyung Sik dengan jari membentuk lambang V. Park Hyung Sik lalu menambahkan, “aku rasa semua orang disini cantik dan bersinar.”

BACA JUGA: BTS Fan Meeting 4th Muster Surprise dan Hadiah Untuk Fans

4. Pesan Manis Kemenangan Taemin Untuk Fans

Taemin memang tidak datang dalam ajang penghargaan ini, namun ia membawa pulang piala untuk kategori Popularty Award. Sebagai satu naungan agensi, Leeteuk Super Junior naik ke panggung dan menerima piala tersebut.

Leeteuk berkata bahwa ia telah mengirimkan pesan pada Taemin yang dibalas dengan pesan yang sangat panjang. Dia lalu membaca pesan Taemin.

Leeteuk credit pic : W Magazine

“Halo, ini Taemin. Saya sangat bersyukur telah menerima Penghargaan Popularitas di Seoul Music Awards. Saya baik-baik saja, akhir-akhir ini saya telah beristirahat dan bepergian, dan mengalami hal-hal yang sebelumnya tidak dapat saya lakukan sebelumnya.”

“Saya sudah memiliki banyak pengalaman saat bekerja keras sampai sekarang tanpa istirahat. Dan ada baiknya bisa meluangkan waktu untuk mengingat kenangan.”

“Saya berterima kasih kepada para penggemar yang terus memberikan begitu banyak cinta dan orang lain yang telah menunjukkan kepeduliannya. Mohon tunggu sedikit lagi, karena saya akan segera kembali. Terima kasih kepada Leeteuk yang menerima penghargaan atas nama saya meskipun dia sibuk. Selamat tahun baru, semua orang, dan jaga baik kesehatan Anda dalam cuaca dingin ini.”

“Dan yang terakhir, bagi Jonghyun yang sedang menonton dari surga, saya sangat menyesal, dan saya sangat bersyukur. Dan untuk Onew, Key, Minho, dan Jin, terima kasih. Terima kasih Tuhan.”

Setelah membacakan pesan dari Taemin, Leeteuk meminta para fans untuk tetap mendukung SHINee.

5. #BTS_SMA_TODAY Trending 1 Worldwide selama 8 jam lebih.

Army memang pantas disebut sebagai Best Fandom In The World. Bukan Army namanya jika tidak membuat BTS jadi trending Worldwide.

Trending Topic Twitter credit pic: twitter @armyworldwide

Disetiap ajang penghargaan Army khususnya I-Lovelies (sebutan khusus untuk Army Internasional) mendukung idolanya lewat media sosial. Sebanyak 2 juta tweet, mention, hastag dan ret-tweet mengenai BTS. Dan berlangsung sebelum dan sesudah ajang penghargaan ini berjalan.

6. Memperingati Musisi Yang Wafat Tahun 2017

Seoul Music Awards tahun ini tidak berbeda dari tahun sebelumnya kecuali satu segmen di mana para musisi dan seluruh fans mengenang musisi-musisi yang wafat 2017 silam.

Salah satu pembawa acara, Shin Dong Yup memulai segmen tersebut dengan berkata, “Sayangnya, ada orang-orang yang meninggalkan kita tahun 2017 lalu. Aku tidak dapat melihat mereka lagi, tapi musik mereka akan tetap di hati kita selamanya.”

Setelah itu muncul foto-foto dari mendiang Jo Dong Jin (composer), mendiang Na Ae Shim (penyanyi), dan mendiang Jonghyun SHINee (penyanyi). Diiringi dengan lagu ‘Never Let Me Go’.

BACA JUGA:

PEMENANG 27th Seoul Music Awards.

12 kategori beserta pemenangnya dalam ajang penghargaan Seoul Music Awards ke-27 antara lain:

1. DAESANG (GRAND AWARD)

Tidak lain dan tidak bukan adalah BTS. Grup yang namanya melambung sejak penghargaan Billboard Music Awards ini terus menunjukkan prestasinya.

Memenangkan dua Grand Award dalam satu bulan bukan sesuatu yang mudah untuk diraih. Tapi BTS lagi-lagi memecahkan rekor tersebut dan membawa piala untuk penghargaan tertinggi malam itu.

BTS credit pic : @bts_twt

2. Bonsang Awards (Main Prize)

Penghargaan ini diberikan kepada 12 seniman dengan menghitung penjualan album dan digital dengan pemungutan suara secara online dan penilaian terakhir oleh para juri dalam upacara penghargaan tersebut. Pemenangnya antara lain sebagai berikut:

  • Wanna One
  • BTS
  • BLACKPINK
  • Seventeen
  • BTOB
  • GOT7
  • Twice
  • Super Junior
  • Nu’Est W
  • Bolbbalgan4
  • Red Velvet
  • EXO

3. Record of the Year

Record of The Year atau Best of Album diberikan ke musisi yang mengeluarkan album full-length terbaik. Pemenangnya adalah IU dengan albumnya Pallete.

4.Record of the Year Digital Release

Penghargaan ini diberikan kepada single terbaik dalam rilis digital. Pemenangnya adalah Yoon Jong Shin.

5.New Artist Awards

Diberikan kepada musisi yang baru debut, biasanya tiga musisi akan diberi pengharaan ini tiap tahunnya. Dan ketiga pemenang penghargaan ini antara lain:

  • Wanna One
  • Kristin
  • Kim Chung Ha

6. Dance Performance Award

Diberikan kepada musisi  yang menampilkan performa dan tarian terbaik tahun ini. Dan penghargaan ini diberikan kepada :

  • Mamamoo
  • NCT 127

7. Best Band Award

Penghargaan Best Band Award diberikan kepada pemain band terbaik yaitu IamNot.

8. R&B/ Ballad Award

Penghargaan diberikan kepada musisi R&B/ ballad dan pemenangnya adalah Suran.

9. OST Award

Diberikan kepada musisi yang menyanyikan soundtrack asli (OST) dari program drama / film / TV. Dan pemenangnya adalah Ailee dari drama Goblin 2017 dengan lagunya yang berjudul I Will Go To You Like The First Snow.

10. Popularity Awards

Penghargaan ini diberikan kepada musisi yang mendapatkan popularitas terhadap lagunya. Dan yang membawa pulang penghargaan ini adalah Taemin sebagai solois.

11. Hallyu Special Award

Diberikan kepada musisi yang mendapatkan popularitas di seluruh dunia sepanjang tahun. Penghargaan ini diberikan kepada EXO.

12. Producer Of The Year

Penghargaan ini diberikan untuk produser yang aktif dalam membuat musik dan musiknya laku dipasaran. Produser yang membawa penghargaan ini adalah Bang Shi Yuk yang juga CEO dari Big Hit Entertaiment selaku agensi yang menaungi BTS.

13. Special Jury Award

Penghargaan ini diberikan secara khusus dari juri kepada musisi yang telah mendedikasikan karyanya. Dan penghargaan ini dibawa pulang oleh musical group bernama Bom Yoereum Gaeul Kyoeul.

14. Fandom School Award

Diberikan untuk grup yang memiliki fandom dengan nama yang besar. Penghargaan ini juga dibawa pulang oleh EXO.

15. EPK Discovery Award

Penghargaan ini dibawa pulang oleh Monsta-X.

para pemenang mengambil foto bersama setelah acara selesai. credit pic : sport seoul

Selamat untuk para pemenang dan penggemar atas kemenangan yang diraih.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait K-Pop atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

Comments

comments