Cara Untuk Tidak Stress Ketika Terlalu Banyak Membaca Berita

0
35
Membaca berita dan mengakses media sosial bisa berakibat stres
Membaca berita dan mengakses media sosial bisa berakibat stres (Foto: Kicknews Today)

Kabarnesia.com – Tentunya bagi sebagian orang, membuka koran, menyalakan radio, atau membuka media sosial untuk membaca bertita adalah hal pertama di pagi hari dan merupakan bagian santai dari rutinitas mereka.

Tetapi, jika kegiatan ini membuat tekanan darah Anda naik, Anda tidak sendiri. Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh NPR, Robert Wood Johnson Foundation, dan Harvard School of Public Health 40% responden yang dilaporkan mengalami stress karena terlalu banyak mengkonsumsi berita.

Stress yang disebabkan oleh berita-berita yang tersebar di media memang wajar, namun menarik diri dari hal tersebut juga bukan satu-satunya cara untuk mengobatinya.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Jika Anda menduga bahwa laporan konstan tentang terorisme, perubahan iklim, dan perseteruan politik yang buruk membahayakan kehidupan Anda, ada beberapa tanda untuk diwaspadai.

Pembaca akan merasakan sesuatu seperti, terkadang ia merasa sangat lelah. Terkadang ia merasa mati rasa. Dan orang tersebut mungkin menyadari bahwa mereka lebih sinis dari sebelumnya.

Jika apa yang Anda rasakan lebih parah, Anda mungkin perlu melakukan lebih dari mengevaluasi kembali kebiasaan media Anda.

Menurut McNaughton-Cassill, membaca atau menonton berita tidak menimbulkan kecemasan atau depresi klinis sendiri, namun bisa memperburuk gejalanya. Dalam kasus seperti itu, Anda harus mencari bantuan seorang profesional kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa tips untuk tetap terinformasi dan terlibat tanpa mengorbankan kedamaian pikiran Anda.

Relaksasi

Mengambil langkah untuk merawat tubuh Anda, seperti memastikan Anda makan makanan biasa, mendapatkan jumlah tidur yang disarankan setiap malam, dan tetap aktif, akan memberi dampak positif pada keseluruhan kesehatan anda.

Ini juga penting untuk menghabiskan waktu pada diri emosional Anda saat kecemasan terkait berita yang dibaca terasa tak terhindarkan.

BACA JUGA:

Saat Anda merasa pesimis, mintalah seorang teman untuk melakukan percakapan ‘non-politik’ mengenai kopi, atau Anda bisa menggelamkan diri Anda dalam beberapa cerita atau kisah fiksi, nonfiksi yang dikeluarkan dari kejadian terkini.

Yang paling penting untuk diingat adalah mendengarkan apa yang Anda rasakan dan berikan diri Anda apa yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya.

Matikan semua gadget

Dengan semua berita yang mengejutkan dan membuat kita ingin menyalakan smartphone kita setiap hari, sangat mudah membayangkan bahwa kita hidup dalam masa-masa sulit bila dibandingkan dengan orang lain.

Matikan alat komunikasi Anda sekali seminggu dan setiap malam. Jadilah bebas dan jangan khawatir mengenai orang-orang yang akan ‘berkerumunan’ menghubungi Anda.

Belajar dari kata ‘Let It Go’

Bila kejadian saat ini terasa kacau, memeriksa berita utama setiap 10 menit tidak akan menghentikan hal buruk terjadi.

Dunia ini tidak dapat diprediksi, dan semakin cepat Anda dapat menerimanya, semakin cepat Anda dapat memproses dan menyaring berita dari kemarahan dan kepuasan.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Tips Kabarnesia atau informasi terkini lain di Kabarnesia.

 

Comments

comments