Ethis Crowd, Fintech Syariah yang Menyita Perhatian Dunia

0
95
ethis crowd
Ethis Crowd, Financial Technology Syariah (Gambar: Fintechist)

Ethis Crowd saat ini telah beroperasi di tiga negara asal Asia Tenggara yakni, Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Kabarnesia.com – Ethis Crowd adalah platform crowdfunding berbasis properti syariah pertama di dunia dan baru saja mendapat dukungan besar dari Expo Live, yang penyelenggaraannya diadakan di World Expo, Expo 2020 Dubai. Ethis Crowd sendiri merupakan platform financial technology (fintech) yang memudahkan masyarakat bagi yang ingin berinvestasi di bidang pengembangan bisnis properti di Indonesia, karena sistem yang diterapkan disini tidak sama dengan apa yang diterapkan pada bidang bisnis properti lain.

Semua pembiayaan dan pengembalian layanan ini juga menggunakan prinsip-prinsip syariah. Para investor dari dalam maupun luar negeri yang tertarik dapat membuka situs resmi Ethis Crowd dan dapat memilih sendiri proyek yang ingin didanai. Sementara itu, pengembang yang ingin mendapatkan proyek bisa juga mengajukan melalui platform tersebut.

phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Ethis Crowd telah berhasil menyita perhatian dunia, karena layanan tersebut berbasis syariah dan hal ini merupakan pertama di dunia. Biasanya, sebagian besar yang menggunakan layanan ini adalah masyarakat muslim, tetapi tidak demikian, karena banyak juga masyarakat yang non muslim ikut berpatisipasi menggunakan layanan tersebut.

Ethis Crowd hadir untuk memberikan solusi dengan kemungkinan bagi para individu untuk mengambil andil dalam pendanaan secara kolektif dan investasi dalam setiap pembangunan perumahan untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Pembangunan tersebut dapat diselesaikan dalam satu sampai dua tahun, yang selanjutnya rumah-rumah tersebut akan diberikan kredit perumahan rakyat (KPR) melalui mitra perbankan kepada nasabahnya. Ethis Crowd saat ini telah beroperasi di tiga negara asal Asia Tenggara yakni, Indonesia, Singapura dan Malaysia.

“Semua berawal saat saya menjadi sukarelawan untuk membantu korban banjir di Jakarta. Saya dapat melihat banyak orang yang tinggal di tempat tidak layak, bahkan terkadang membayar mahal. Akhirnya saya berhenti dari pekerjaan dan mendirikan Ethis Crowd,” kata Co-founder Ethis Crowd dan CEO Ethis Indonesia, Ronald Wijaya, Rabu (23/5).

Dirinya juga menuturkan bahwa, selama empat tahun terakhir Ethis Crowd telah berjuang mengatasi krisis perumahan. “Kami telah berhasil menyediakan lebih dari 5.000 unit rumah murah di Indonesia dan Malaysia. Kami percaya jika konsep ini dapat menguntungkan semua pihak,” tambahnya.

Karena itu, pendanaan dalam bentuk hibah dari Expo Live akan membatu Ethis Crowd untuk tumbuh lebih besar dan berharap platform ini dapat menyediakan rumah murah di berbagai negara di dunia. “Hibah dari Expo Live akan memungkinkan kami memperluas anggaran pemasaran, sehingga dapat menarik lebih banyak investor. Yang kemudian menjadi bagian dari Expo Live Global Innovator, dan telah meningkatkan motivasi kami untuk bekerja lebih keras lagi,” ucapnya.

BACA JUGA:

Apa itu Expo Live?

Expo Live sendiri merupakan program inovasi dan kemitraan Expo 2020 Dubai dan tengah memiliki alokasi sebesar USD 100.000 dan tahap berikutnya atau tahun depan hibahnya akan bertambah lebih besar mencapai USD 500.000 untuk mendukung proyek dengan solusi kreatif.

“Ethis Crowd menunjukkan bahwa siapa pun dapat menciptakan dampak yang signifikan, bahkan dengan konstribusi yang terbilang cukup kecil. Platform ini telah menunjukkan kekuatan kolaborasi dan menghidupkan tema Expo 2020 tentang ‘Connecting Minds, Creating The Future,” ucap Wakil Presiden Expo Live di Expo 2020 Dubai, Yousuf Caires.

Lebih dari 20.000 investor dan donatur dari sebanyak 65 negara yang telah tergabung di platform Ethis Crowd. Ada sekitar 60 persen investasi berasal dari negara Singapura dan saat ini juga tengah terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari Timur Tengah.

Platform ini dari awal didirikan juga berpedoman pada sistem bagi hasil (syariah) yang melarang riba atau keuntungan dari pembayaran bunga. Saat ini Ethis Crowd telah berhasil mendapatkan dua penghargaan pada tahun 2016 sebagai The Best Islamic Crowdfunding Platform dari Global Islamic Finance Award dan Islamic Economy Award di Dubai. Dalam upaya mendorong perkembangan ekosistem fintech syariah, Ethis Crowd mendapatkan amanah menjadi Chairman dari Islamic Fintech Alliance dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia.

Baca juga artikel menarik lainnya terkait Kabar Ekonomi atau informasi lainnya di Kabarnesia.

Comments

comments