Waspada! Ini 8 Modus-Modus Penipuan Proyek Yang Merugikan

0
45
Pemerintah Selalu Kontrol Tenaga Kerja Asing
Pekerja Keras ( Gambar : Google )

Kabarnesia.com – Mengerjakan sebuah proyek bagi bisnis berbasis jasa boleh dikatakan pedang bermata dua. Disatu sisi membahagiakan karena jadi ladang cashflow bagi bisnis, disisi lain jika tidak melalui prosedur yang benar, rawan penipuan!

Modus Populer Penipuan Proyek

Apa saja trik-trik atau modus populer dari penipuan proyek, berikut delapan diantaranya:

Modus Landing Account

Penipu hendak mencari Kontraktor ataupun Eksekutor Proyek yang bersedia menyimpan beberapa duit dengan alibi buat” Landing Akun” karena katanya harus terdapat di rekening bersama tersebut beberapa nilai tertentu. Tidak berapa lama dipastikan hendak lenyap tuh uang.

Modus Take Over Proyek LPSE

Para penipu ini cekatan, Mereka apik mengendalikan Seolah- olah merekalah orang PT yg bisa Proyek tersebut serta PT dan proyek yg dipalsukan memanglah Real proyek yg memanglah jelas serta PT yg dipalsukan tersebut memanglah pemenang di LPSE. Modus mereka Jadi Figur yg mengaku dari PT tersebut.

Modus Cari investor/ Take Over Proyek

Pelakon dini menyiarkan kepada para mediator kalau PT nya perlu kontraktor. Setelahnya hendak ketemu serta seketika suasana berganti jadi perlu investor kerjasama sebab pelakon bisa SPK yg mana SPK itu dikeluarkan oleh PT komplotannya sendiri serta memohon beberapa duit kepada kontraktor dengan alibi buat Orang Dalam, supaya lekas keluar SPMK( Pesan Perintah Mulai Kerja).

Modus Duit Jaminan Pelaksanaan

Dengan alibi khawatir kontraktornya tidak memiliki modal buat mengerjakan proyek. Sementara itu yg benar lumayan dengan asuransi ataupun DP di counter BG dari kontraktor.

Modus Proyek Dana Amanah

Mengharuskan kontrakor bayar duit dengan alibi Infaq dahulu ataupun perihal lain dengan modus agama.

Modus Uang Kordinasi

Proyek Pemerintahan PL/ Penunjukan Langsung nilai diatas 1Milyar.. Sementara itu proyek Pemerintah diatas 1 Milyar harus lewat lelang& banyak lagi modus- modus lainnya

Modus Dana Entertain

Umumnya hendak timbul modus dana entertain, ialah yang mengaku mediator ataupun project pemilik di lembaga mau dimanjakan dahulu oleh kontraktor supaya lebih akrab sehingga segala proyek instansinya hendak dialihkan ke mereka.

Modus uji coba& kenalan

Awal mulanya dikasih proyek dengan nilai kecil dahulu, dengan informasi lengkap. Setelah itu kontraktor disuruh survey posisi& kenalan. Nah buat berangkat butuh tiket& penginepan, krn kontraktor msh asing dengan daerahnya, hingga tiket& penginepan titip dibelikan. Perkaranya merupakan kontraktor dimohon buat transfer duit buat tiket& penginepan itu. Duit nya memanglah kecil, tetapi jika modus ini sukses dari banyak kontraktor naas, jadinya hendak besar jg.

Metode Untuk Lepas Dari Penipuan Proyek

Intinya jangan layanin proyek dengan embel- embel membagikan terlebih dulu yang dinamakan duit jaminan penerapan/ duit orang dalam/ duit jalur/ ataupun landing akun, duit fee sehabis ttd kontrak sebab nyaris pasti dipastikan akan tertipu.

Fee serta lain- lain hendaknya diberikan sehabis DP cair ataupun apabila terdapat turnkey proyek dengan jaminan pembayaran SKBDN, fee dikeluarkan sehabis SKBDN dinyatakan Valid oleh Bank Kontraktor serta bila jaminan pembayaran Gunakan BG wajib BG yg mengacu pasal 1832 KUHP, jangan yg pasal 1831.

Comments

comments