Sekilas Tentang Virus Corona Penyebab Covid19, MERS, dan SARS

1
42
virus corona,coronavirus,covid19
Virus Corona Ilustrasi WHO
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.comVirus Corona merajalela tahun ini. Virus yang bertipe zoonosis ini, atau tipikal virus yang ditularkan dari binatang ke manusia.

Corona sendiri diketahui pernah membuat dunia gempar dengan MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Namun saat itu tidak seperti sekarang, karena pola penyebarannya sangat cepat sehingga membuat tenaga medis kewalahan.

Corona yang menyebabkan covid-19 sekarang adalah pengembangan dari corona SARS, yakni nCov (Novel Corona) atau Corona baru.

Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, provinsi Hubei, China daratan akhir tahun lalu. Berbulan-bulan kemudian ia mulai menyerang negara lain seperti korea selatan, italia, dan sekarang Amerika Serikat!

Indonesia juga tidak ketinggalan karena sudah ribuan yang terinfeksi dengan per artikel ini ditulis, sudah 170 meninggal dunia dan rasio kematian (mortality rate) mencapai 10% yang membuat indonesia masuk ke 5 besar negara dengan tingkat kematian terbesar!

Mengapa Virus Corona berbahaya?

Virus corona tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan gagal nafas karena pneumonia yang khas dan itu terjadi dalam waktu singkat (10-14 hari) dengan gejala yang awalnya ringan sehingga sulit terdeteksi.

Selanjutnya penyakit ini belum ada obatnya sehingga penderita dengan level medium ke parah harus mendapatkan perawatan intensif dirumah sakit. Bahkan menggunakan ventilator karena sudah terjadi proses gagal nafas.

Karena sifatnya yang sulit terdeteksi, penyebarannya yang melalui droplet ini menjadi lebih cepat dari yang ada sebelumnya. Meski tidak ditularkan melalui airborne atau melalui udara, namun penderita yang tidak memiliki gejala harus benar-benar jaga jarak dengan yang memiliki risiko seperti lanjut usia atau orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Virus corona atau covid-19 ini tergolong self limited disease yang bisa sembuh sendiri oleh daya tahan tubuh (imunitas), namun perlu stamina yang kuat untuk menunjang imunitas melawan virus ini, karena itulah butuh bed rest!

Saat ini WHO telah menetapkan Covid-19 karena virus corona sebagai pandemi global, sehingga butuh keseriusan lebih dari tiap manusia untuk menyembuhkan kemanusiaan dari virus corona ini.

Comments

comments

1 KOMENTAR

Comments are closed.