Luhut LBP Benar Corona Hilang di Cuaca Panas

0
59
lbp,luhut binsar pandjaitan,luhut,menko maritim,menko,maritim investasi,menko maritim investasi
Luhut Binsar Pandjaitan atau LBP
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Luhut LBP Benar, Corona Hilang di Cuaca Panas. Mengapa ada polemik seperti ini?

Memang, virus korona (coronavirus) penyebab covid-19 adalah problem kesehatan, tapi karena saat ini statusnya adalah wabah dan pandemi, butuh aksi secara politis untuk menyelesaikannya.

Salah satu yang ramai dibahas adalah ucapan Menko Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan (LBP), yang menyatakan kalau virus korona, berdasarkan pemodelan yang beliau terima, ternyata tidak tahan di cuaca panas.

Sontak, perkataan tersebut melecutkan polemik, banyak pihak yang kontra karena menganggap Luhut berbicara diluar pengetahuan atau expertise nya.

Luhut LBP Benar, Corona Hilang di Cuaca Panas Karena Kasusnya Sedikit di Khatulistiwa

Kawasan ekuator atau khatulistiwa, sejatinya adalah kawasan beriklim tropis dengan suhu rata-rata tinggi atau panas, dibandingkan negara dengan 4 musim.

Mari kita cek temperatur di kota-kota yang terkena serangan Covid 19 cukup dahsyat:

  • New York 10 derajat C
  • Paris 13 derajat C
  • Rome 9 derajat C
  • Teheran 4 derajat C
  • Madrid 13 derajat C
  • London 10 derajat C

Lalu pindah ke yang tidak ada atau sudah berkurang, seperti

  • Surabaya 31 derajat C
  • Kuala Lumpur 32 derajat C
  • Wuhan 23 derajat C

Dari data di atas, kesimpulan sementara bahwa penyebaran virus di udara sangat dibantu oleh suhu yang sejuk. Begitu cuaca panas, penyebaran berkurang. Yang menyebar hanya dari manusia ke manusia. Wuhan yang mulai dicabut lockdownnya saat ini, sudah mulai hangat.

Data diatas diperkuat oleh peta sebaran covid-19 yang disebabkan virus corona, dari link google ini, kita menemukan bahwa daerah yang dilalui matahari sepanjang tahun ternyata memiliki kasus lebih sedikit dari daerah utara dan selatan yang notabene 4 musim dengan suhu lebih dingin.

peta korona,virus corona,covid-19
Peta sebaran virus korona yang menunjukkan daerah khatulistiwa suhu panas jarang kasusnya

Jadi bisa jadi, ucapan menko luhut LBP, yang mungkin didasari oleh model dengan riset saintifik, adalah benar, buktinya kasus di daerah khatulistiwa terhitung jarang. Meski hal tersebut masih dugaan sementara, kita tetap wajib waspada dengan wabah covid-19 ini!

Comments

comments