Stafsus Milenial Berulah Lagi, Kini Billy Mambrasar, Samakan Levelnya dengan Menteri

1
97
staff milenial,jokowi,staff jokowi,putri tanjung
7 Staff khusus milenial presiden jokowi (joko widodo) kabinet indonesia maju
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Stafsus milenial berulah lagi, setelah sebelumnya ada kasus amartha dan ruang guru, sekarang Billy Mambrasar Samakan Levelnya dengan Menteri.

Sehabis rekan sejawatnya Andi Taufan Garuda Putra serta Belva Devara jadi atensi publik sebab diprediksi mengaitkan perusahaannya dalam proyek pemerintah, saat ini giliran Staf Spesial Presiden Jokowi Gracia Billy Mambrasar yang jadi sorotan.

Ini sehabis dalam profil di bio LinkedIn- nya mengklaim jabatan yang diembannya bagaikan Staf Spesial Presiden sama halnya dengan jabatan Menteri.

Billy mambrasar,setara menteri
Billy Mengaku Setara Menteri. Sumber: geloranews.

Yang menarik, Billy menulis kalau dia mempunyai peran yang sama dengan seseorang menteri. Juga, dia dapat melapor langsung kepada Presiden. Tidak hanya itu, Billy menggambarkan letaknya setara dengan Lembaga West Wing di Amerika Serikat yang ialah penasihat Presiden Amerika Serikat.

Tentu klaim ini berlebihan, mengingat stafsus milenial sendiri tidak memiliki otoritas membuat dan mengubah kebijakan, termasuk menjadi narasumber utama presiden membuat kebijakan.

billy,billy mambasar,linkedin billy
Tangkapan Layat Billy Mengaku Menteri Sebelum Diubah. Sumber Kumparan

Fungsi dan Wewenang Staff Khusus Milenial

Sementara itu dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No 39 Tahun 2018 tentang Pergantian Kedua Atas Peraturan Presiden No 17 Tahun 2012 tentang utusan Spesial Presiden, Staf Spesial Presiden, serta Staf Spesial Wakil Presiden.

Mengacu pada peraturan diatas, berikut tugas staf spesial presiden:

  • Pasal 18 ayat( 1) mengatakan, Staf Spesial Presiden melakukan tugas tertentu yang diberikan Presiden di luar tugas yang telah dicakup dalam lapisan organisasi departemen serta lembaga pemerintah yang lain.
  • Pasal 18 ayat( 2) berbunyi, Staf Spesial Presiden sebagaimana diartikan pada ayat( 1) terdiri dari sangat banyak 15( 5 belas) Staf Spesial Presiden.
  • Pasal 18 ayat( 3) berkata, Staf Spesial Presiden sebagaimana diartikan pada ayat( 2) tercantum Sekretaris Individu Presiden.

Serta Merujuk ke Perpres No 29 Tahun 2018 tentang Pergantian Kedua atas Perpres Nomor 17/ 2012 Tentang Utusan Spesial Presiden, Staf Spesial Presiden serta Staf Spesial Wapres, di pasal 19 diatur kalau stafsus bertanggung jawab secara administratif kepada Sekretaris Kabinet. Tetapi, dalam penugasan, tiap- tiap stafsus bertanggung jawab kepada Presiden. Secara struktural serta fungsional tidak terdapat penyetaraan dengan jabatan menteri.

Dikala kabar ini diterbitkan, Billy telah mengganti bio nya di linkedin, dalam bio terbarunya, dia tidak lagi menyertakan kalimat setara dengan menteri.

Dalam bio barunya, Billy hanya menjelaskan kalau dia merupakan stafsus Presiden Jokowi yang masing- masing hari berkoordinasi serta berikan masukan ke presiden terpaut penataan kebijakan dan strategi pemerintah.

Publik tentu berharap, stafsus milenial fokus ke kerja untuk mengatasi wabah corona yang masih menggerogoti negeri, alih-alih membuat polemik sana dan sini.

Comments

comments

1 KOMENTAR

Comments are closed.