Belajar Daring, Sudah Siapkah?

0
27
bermain hujan,anak-anak,belajar daring,online learning
Anak-Anak dan Belajar
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Masa pandemi yang terjadi saat ini membuat kita harus meniadakan atau mengurangi kegiatan pada umumnya yang membutuhkan banyak orang untuk bertemu di satu tempat, seperti halnya kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

Disatu sisi pandemi ini tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir, kemudian disisi lain proses belajar harus tetap berlangsung. Inovasi sangat diperlukan agar pembelajaran tetap berjalan sesuai dengan jadwal tahunan yang sudah ditetapkan.

Untuk mengakomodir hal itu dibuatlah metode belajar dengan daring (online) untuk semua jenjang Pendidikan. Dalam metode ini semua materi belajar disampaikan online dengan menggunakan system yang sudah dipersiapkan oleh sekolah ataupun media lain yang sudah tersedia secara online lalu disesuaikan dengan kebutuhan.

Dari jenjang Pendidikan yang ada, ternyata banyak kendala yang terjadi khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Pada jenjang Sekolah Dasar ini para murid harus mendapat pendampingan dalam proses belajar mereka.

Kendala tersebut antara lain dari orangtua murid yang sudah memiliki rutinitas keseharian tetapi harus mendampingi anak-anak mereka dan juga harus ikut belajar agar mengetahui apa yang dimaksud oleh guru mereka supaya dapat memberikan penjelasan apa bila terdapat kesulitan dalam pemahaman atau mengerjakan tugas yang diberikan.

Lalu yang paling utama adalah media komunikasi, baik itu smartphone ataupun koneksi internet. Tidak semua orang tua murid menggunakan smartphone, lalu kuota internet yang terbatas.

Hal ini bisa menghambat proses pembelajaran, mungkin saja hal ini juga terjadi pada guru itu sendiri. Kemudian timbulah sebuah pemikirian secara umum …. Apakah metode ini sudah benar benar siap dilakukan dan diterima oleh semua pihak.

Kemudian apakah para siswa Sekolah Dasar itu dapat menerima dan menyerap pelajaran dengan baik, bagaimana dengan perkembangan kecerdasan mereka ?

Hal ini memang harus dilakukan, tapi masih ada pekerjaan rumah yang harus disesuaikan agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal bagi generasi penerus bangsa.

Comments

comments