Biodata Pratikno, Mensesneg di Kabinet Indonesia Maju

0
41
biodata pratikno
biodata pratikno
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Prof.  Pratikno, guru besar FISIPOL UGM sekaligus mantan Rektor UGM. Biodata Pratikno pun mulai dikenal khalayak luas sejak beliau menjadi moderator debat Capres tahun 2009 silam.

Perjalanan Pratikno untuk meraih pendidikan begitu menginspirasi. Saat duduk di bangku Sekolah Dasar, Pratikno harus menumpang untuk belajar di rumah perangkat desa.

Perjuangan Pratikno untuk memperoleh pendidikan belum berhenti sampai disitu. Saat SMP dan SMA, beliau harus menempuh perjalanan berpuluh-puluh kilometer untuk sampai di sekolahnya.

Hingga akhirnya beliau memutuskan untuk ngontrak di dekat sekolahnya. Dari sinilah Pratikno belajar hidup mandiri. Berikut ini biodata singkat Pratikno.

Biodata Pratikno

biodata pratikno
biodata pratikno

Pria yang memiliki cita-cita sebagai Sekda (Sekretaris Daerah) ini lahir di Bojonegoro pada tanggal 13 Februari 1962.

Nasib ternyata berkata lain, kini beliau justru menjadi Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Sebelumnya, setelah lulus SMA, beliau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mengambil jurusan  Ilmu Pemerintahan di UGM dan lulus tahun 1985.

Setelah lulus S1, beliau diterima untuk menjadi dosen di UGM dan kemudian dinobatkan sebagai guru besar UGM hingga sekarang.

Belum cukup dengan gelar S1, beliau kembali menempuh pendidikan untuk memperoleh gelar magister di University of Birmingham, Inggris, dan lulus tahun 1990.

Masih belum puas dengan gelar yang sudah diperoleh, Pratikno kembali menempuh pendidikan untuk gelar doktor di University of South Australia tahun 1997.

Tahun 2003, Pratikno dipercaya untuk memegang jabatan sebagai Direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu politik yang berfokus pada Politik Lokal dan Otonomi Daerah.

Tahun 2003-2004, Beliau dipercaya untuk memegang jabatan Wakil Dekan di FISIP UGM. Di 2008- 2012, Beliau menjabat sebagai Dekan FISIP UGM.

Beliau juga pernah menjadi moderator debat Capres 2009. Tahun 2012-2017, Beliau menjabat sebagai Rektor UGM.

Pada tahun 2014, Pratikno menjadi tim ahli serta tim sinkronisasi di program Jokowi-Jusuf Kalla. Masih di tahun yang sama, Beliau dipercaya menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara 2014-2019.

Beliau kembali menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara di Kabinet Indonesia Maju (Jokowi-Ma’ruf) 2019-2024

Demikian biodata Pratikno yang begitu semangat meraih pendidikan hingga menjadi salah satu orang sukses seperti sekarang.

 

Comments

comments