Biodata Retno Lestari Marsudi yang Bergelimang Prestasi

0
8
Biodata Retno Lestari Marsudi
Biodata Retno Lestari Marsudi
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Retno Lestari Marsudi, Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia yang menuai banyak prestasi. Tidak heran bila biodata Retno Lestari Marsudi ini pun begitu menginspirasi.

Masuk dalam deretan Menteri dalam kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) memang sudah diprediksi banyak kalangan.

Di kabinet sebelumnya, Retno juga menjabat sebagai Menlu. Karirnya di departemen ini memang pilihan yang tepat. Di tangan Retno, Indonesia mampu mengukir banyak prestasi di tingkat global.

Untuk mengenal lebih dekat siapa sosok Menlu satu ini, mari simak biodata singkat Retno Lestari Marsudi yang begitu menginspirasi.

Biodata Retno Lestari Marsudi

Biodata Retno Lestari Marsudi
Biodata Retno Lestari Marsudi

Perempuan yang lahir pada tanggal 27 November 1962 di Semarang ini merupakan istri dari seorang Arsitek yang bernama Agus Marsudi. Dari pernikahannya ini, Retno pun dikaruni 2 orang anak.

Retno menempuh pendidikan SD hingga SMA di Semarang. Kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Perguruan Tinggi di Fisip UGM (Yogyakarta).

Setelah lulus S1, Retno kembali melanjutkan pendidikan S2 di Haagse Hogeschool, Belanda.

Pada usianya yang ke-30 tahun, Retno memulai karirnya sebagai diplomat. Pada tahun 1997-2001, Retno menjabat sebagai Counselor Ekonomis di KBRI Den Haag, Belanda.

Karir Retno semakin gemilang. Di tahun 2001-2005, Retno menjabat sebagai Deputi Direktur Kerja Sama Ekonomi Multilateral, Direkutur Kerjasama Intra-Kawasan Amerika dan Eropa, dan Direktur Eropa Barat.

Belum berhenti sampai disitu, tahun 2005-2008, Retno menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Norwegia dan Republik Islandia. Dan tahun 2008-2012, Retno menjabat Direktur Jenderal Amerika dan Eropa di Kemenlu.

Setelah berada di Indonesia, Retno bertugas di Kemenlu. Dan tahun 2012-2014, Retno kembali terpilih menjadi dubes Indonesia di Belanda.

Atas prestasinya sebagai dubes selama 22 tahun tersebut, presiden Jokowi memberinya penghargaan sebuah jabatan sebagai Menteri Luar Negeri 2014-2019.

Retno menjadi Menteri perempuan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Bahkan sampai dua periode.

Ya, pada periode berikutnya, di kabinet Indonesia Maju di bawah pimpinan Jokowi – Ma’ruf, Retno kembali terpilih sebagai Menteri Luar Negeri 2019-2024.

Selain karir yang gemilang, Retno pun beberapa kali diganjar penghargaan. Demikianlah profil Retno Lestari Marsudi yang banyak menuai prestasi dan begitu menginspirasi. 

 

Comments

comments