3 Misteri Gunung Dempo Yang Berpotensi Erupsi 2022

0
48
gunung dempo,gunung api,dempo,pagaralam,lahat
gunung dempo pagaralam berita kabarnesia.com
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.com – Misteri Gunung dempo, pagar alam, lahat, sumatera selatan mengemuka. Seiring naik nya status gunung dempo dari aktif (normal) level I ke level waspada (II) pada jum’at 7 januari 2022. Sehingga cukup mengkhawatirkan akan erupsi, cerita-cerita misteri gunung tertinggi ke-3 di pulau sumatera ini, juga menarik untuk disimak.

Ada 3 cerita misteri yang terjadi di gunung dempo, yakni:

Banyak peninggalan purbakala dan penghuni gunung dempo suku besemah

Para arkeolog dalam 20 tahun terakhir, banyak menemukan benda-benda peninggalan purbakala yang terhitung bersejarah berlokasi sekitar kawasan gunung Dempo, khususnya di Kota Pagaralam dan Lahat.

Benda bersejalah tersebut kebanyakan terdiri dari emas murni, dan benda-benda mirip logo atau simbol kerajaan, dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan ada peradaban besar di kaki gunung dempo yang masih menjadi misteri.

Musabab penemuan bersejarah ini, seorang sejarawan dan arkeolog, Sripo Sutrisman Dinah mendorong dengan tegas pemerintah pusat atau daerah supayar meneliti secara masif kawasan gunung Dempo.

Hal ini untuk menggali lebih dalam sejarah yang tersimpan di kawasan tersebut. Bisa saja peradaban Nusantara dimulai dari tanah Pagaralam. Pentingnya hal ini karena soal identitas bangsa.

Meski tidak terkait langsung dengan peninggalan purbakala, namun masyarakat sekitar percaya kalau penghuni awal gunung dempo adalah suku besemah yang merupakan keturunan dari raja Kerajaan Majapahit (Atung Bungsu). Atung bungsu sendiri dan pengikutnya adalah pejuang perlawanan penjajah belanda dan jepang. Rekam jejak yang membuktikan majunya peradaban kawasan gunung dempo ini!

Legenda siluman harimau gunung dempo

Setiap gunung, utamanya yang masih aktif, selalu dikaitkan dengan adanya siluman penunggunya. Tidak terkecuali gunung dempo yang memiliki misteri siluman harimau!

Maskayarakat sekitar percaya jika kawasan ini memiliki penjaga ghaib berwujud harimau, yang terkadang bisa berubah menjadi sosok manusia. Bahkan, masyarakat sekitar memiliki tarian Ulu yang bernuansa magis untuk menghormati sosok misteri tersebut.

Suara azan yang mampu mengusir kabut pekat di Gunung Dempo

Boleh percaya, boleh tidak. Ketika banyak pendaki gunung terganggu dengan adanya kabut pekat dan tebal saat melakukan pendakian, mereka cukup mengumandangkan azan saja, tidak lama kabut pekat tersebut sirna.

Tentu hal di luar logika akal sehat, namun terjadi dan banyak testimoni dari pendaki yang telah membuktikannya.

Setiap gunung memiliki kisah dan misterinya sendiri, bergantung pada kearifan lokal. Termasuk misteri gunung dempo yang bisa jadi pelajaran untuk lebih menghormati alam.

Comments

comments