Beli Atau Sewa Rumah? Tentukan Dengan Rumus Price To Rent Ratio

0
115
tips rumah sejuk, rumah tanpa AC, tanam pohon
Rumah sejuk tanpa AC/Google
obat kuat,libion,libiceng,phuceng,madu stamina,madu phuceng,sehatshop,stamina pria,madu,jahe merah,purwoceng

Kabarnesia.comBeli atau sewa rumah ? Pertanyaan yang sering muncul pada benak pasangan muda.

Saat baru menikah, tentu bahagia jika langsung mandiri, berdua saja dengan pasangan di rumah sendiri. Misalnya untuk bermesraan ! 😉

Namun, selalu ada isu perdebatan, seperti: lebih baik beli rumah langsung atau sewa rumah yang lebih menguntungkan?

Investasi properti selalu untung?

uang
Kaum milenial seringkali kesulitan mengatur keuangannya seiring dengan perkembangan zaman yang semakin konsumtif (Ilustrasi: Blogger)

Tentu saja ada banyak faktor sebelum memutuskan membeli atau menyewa, faktor emosional misalnya, atau faktor kepraktisan yang menegaskan beli rumah lebih nyaman karena cuma “sekali kerja”.

Belum lagi distorsi informasi perihal investasi, yang menyatakan properti harganya selalu naik, jadi kalau tidak ditempati, hitung-hitung investasi jangka panjang!

Jika properti yang dimaksud adalah sebidang tanah, tentu kita setuju! karena, selain harganya selalu naik, baik nilai NJOP atau harga marketnya; perawatan nya juga cenderung murah bahkan 0 rupiah!

Beda dengan rumah, kita tetap perlu memperhitungkan aspek depresiasi atau makin berkurangnya kwalitas material rumah tersebut!

Misalnya, genteng mulai bocor, dinding mulai retak-retak, atau instalasi rumah yang kurang sempurna. Belum lagi jika ada musibah kebakaran atau banjir.

Perlu jadi pertimbangan juga, nilai cicilan KPR yang bisa belasan tahun, hingga kemungkinan floating interestnya (bunga balon/mengambang).

Harus benar-benar menjadi perhatian bagi pasangan muda. Jika bujet terbatas, jangan terbawa nafsu membeli properti, sehingga cenderung asal-asalan dalam memilih.

Tentukan Beli Atau Sewa Rumah dengan rumus Price to Rent Ratio

tips keuangan,personal finance
Perencanaan keuangan generasi milenial (Foto: The Passport Diaries)

Salah satu cara yang cukup akurat dan mudah untuk menentukan keputusan beli atau sewa rumah, adalah: price to rent ratio, berikut rumus/formulanya:

Rata-rata harga rumah di lokasi yang sama / Rata-rata uang sewa tahunan rumah pada lokasi yang sama.

Simulasinya adalah harga rumah di ciangon RP. 300.000.000 dengan spesifikasi idaman (bukan asal-asalan), lalu biaya kontrak rumah dengan kwalitas yang sama adalah Rp. 10.000.000 per tahun.

Rp. 300 juta / Rp. 10 juta = 30.0 (rasio price to rent nya).

Lantas, apakah lebih layak beli atau sewa?

Menurut artikel new york times, apabila hasil pembagiannya sama dengan atau lebih dari 20, maka lebih baik menyewa saja. Jika kurang dari itu, maka ada baiknya untuk membelinya.

Namun, kebanyakan rasio yang digunakan pakar properti indonesia, adalah:

  • Apabila skor nya 0-15 baiknya beli.
  • Jika skor 16-30 baiknya sewa dahulu.

Sekali lagi, membeli rumah, apalagi hunian pertama dengan budget tidak banyak-banyak amat, perlu memperhitungkan dan mempertimbangkan banyak aspek, salah satu yang ada yakni price to rent ratio ini. Jadi, mau beli atau sewa rumah, nih? 😀

Comments

comments