Angkringan Kopi Jos,Tempat Nongkrong yang ‘Jogja Banget’

0
77
jogja, angkringan, kopi jos

Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih sering kita kenal dengan Jogja, adalah tempat yang punya semacam kekuatan magis untuk membuat kita datang dan datang lagi ke kota ini. Jogja  punya sejuta pesona, yang menjadi magnet bagi pada wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung dan bahkan beberapa memilih menetap di kota gudeg ini.

Jika anda berkunjung ke Jogja, maka bisa anda agendakan untuk dapat menikmati sisi romantisnya kota Jogja ini dengan meluangkan waktu anda pada sore hari, atau malam harinya di Angkringan Kopi Jos. Di tempat ini anda akan dimanjakan dengan sesuatu yang tidak anda dapatkan ditempat lain, dan itu lah yang disebut sesuatu yang Jogja banget.

Angkringan Kopi Jos ini bertempat di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Lokasinya berada di sepanjang jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Dan sesuai dengan namanya, Angkringan ini tidak punya tempat permanen alias hanya berupa tenda-tenda yang berjajar di sepanjang trotoar jalan.

Meski terkesan biasa dan sederhana, justru konsep inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi pengunjung.  Konsep Angkringan ini menjadi simbol kesederhanaan dan dan kesan merakyat, dimana Angkringan adalah tempat nongkrongnya rakyat kelas biasa sembari minum kopi dan aneka camilan yang sederhana.

Sebagaimana kita ketahui, menu angkringan pada umumnya adalah aneka minuman seperti teh, kopi, susu dan wedang jahe. Menu makanannya adalah nasi kucing, aneka gorengan, dan sate-sate lauk seperti sate usus, sate keong, dan sate babad. Menu menu ini adalah makanan merakyat yang sejak dahulu hingga sekarang bertahan ditengah laju perubahan jaman.

Varian Menu di Angkringan Kopi Jos

Di Angkringan Kopi Jos Yogyakarta ini ada beberapa lapak angkringan yang menyediakan menu-menu Angkringan lengkap, bahkan lebih bervariasi dari angkringan pada umumnya. Menu yang paling menarik dari tempat ini adalah kopi jos. Meski sekarang sudah banyak tempat yang menjual menu kopi jos ini, namun tetap saja Angkringan Kopi Jos ini menawarkan tempat yang tiada duanya.

Penamaan kopi jos ini adalah diambil dari cara penyajian kopinya. Di sini kopi jos adalah menu kopi hitam biasa yang sebelum diantarkan kepada pemesan, kopinya akan dicelup dengan bara arang yang menyala. Bara itulah yang kemudian mengeluarkan bunyi jos saat dicelupkan ke gelas kopi.

Rasanya tentu tidak seperti kopi hitam biasa, tetapi ada sensasi rasa yang bisa anda rasakan sendiri dengan berkunjung ke Angkringan Kopi Jos ini. Selain menu-menu tadi, di tempat ini selalu ada pengamen yang akan menghibur anda sepanjang malam. Pengamen kota Jogja yang membawakan lagu-lagu romantis dan menemani waktu santai anda meneguk kopi.

Yang menarik adalah pengamen di Angkringan Kopi Jos ini biasanya adalah sebuah grup musik yang lengkap dengan peralatan musik mulai dari Kontra bas, selo, harmonika, gitar, jimbe, dan bahkan ada yang membawa biola untuk semakin membuat sajian musik menjadi cantik.

Jika anda penasaran dengan tempat ini, silahkan datang dan rasakan sendiri apa yang akan anda temukan dari Angkringan Kopi Jos Yogyakarta ini. Jangan lupa siapkan uang kecil untuk pengamen yang telah menghibur anda.

Advertisements

Comments

comments